Nakes di Pasbar Mulai Disuntik Vaksin Moderna

Penulis: Zulfikar Efendi

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak 86 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mulai mendapatkan atau disuntik Vaksin Moderna, Jumat (27/8/2021).

Kepala Dinas Kesehatan, Jon Hardi yang juga ikut disuntik Vaksin Moderna mengatakan, vaksinasi hari ini diberikan kepada seluruh Nakes di Dinas Kesehatan, ditambah perwakilan RSUD Pasaman Barat (RSUD Jambak) dan Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina (Yarsi) serta Nakes Polres Pasbar.

“Syarat nakes yang bisa mendaptkan Vaksin Moderna ini, yang bersangkutan sudah mendaptkan dua kali vaksin sebelumnya,” ujar Jon, Jumat (27/8/2021).

Saat ini, jelas Jon, jumah Nakes di Pasbar mencapai 1.475 orang. “Jadi, setelah ini, vasksinasi lanjutan (Vaksin Moderna) akan dilanjutkan di puskesmas masing-masing. Lalu, untuk ibu hamil dan masyarakat umum,” ungkapnya.

Hingga saat ini, ucap Jon, Vaksin Moderna yang tersedia di Pasaman Barat sebanyak 12.180 vial, artinya itu untuk 6.090 orang.

“Kita berharap, semua nakes ikut, begitu juga masyarakat. Vaksin ini (Moderna) gratis,” paparnya.

Bahkan, kata Jon, untuk vaksinasi hari ini (Vaksin Moderna) tidak ada penerima vaksin yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI).

“Saya juga divaksin hari ini, Alhamdulillah tidak ada gejala apa-apa. Ayo vaksinasi, agar tercapai kekebalan tubuh,” imbau Jon.

Sementara itu, dr Dian, seorang dokter di RSUD Pasaman Barat yang juga ikut divaksin dengan Vaksin Moderna mengatakan, bahwa tidak merasakan efek samping sama sekali setelah divaksin.

“Setelah di vaksin tadi, Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada merasakan efek apapun. Mudah-mudahan tidak ada efek sampingnya pada saya,” ujarnya.

Memang, kata dr Dian, Vaksin Moderna memiliki efek samping seperti demam, dan nyeri-nyeri. Dengan begitu, Nakes harus divaksin secara bertahap, sehingga pelayanan tidak terganggu.

Baca juga: 12.180 Dosis Vaksin Moderna Telah Tiba di Pasbar Untuk Nakes dan Masyarakat Umum

“Nakes di RSUD akan di vaksin pada minggu depan secara bertahap. Kita berharap Nakes ini 100 persen di vaksin. Untuk itu, kepada masyarakat yang belum melakukan vaksin, ayo segera vaksin. Agar kasus positif Covid-19 di Pasbar menurun,” katanya. [zfk]

Terpopuler

Add New Playlist