Mutasi Pejabat Polri, 5 Kapolres di Sumbar Diganti, Ini Daftarnya

Padang, Padangkita.com – Gerbong mutasi kembali bergulir di Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar). Kali ini, ada lima Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) yang mengalami pergantian.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto membenarkan hal tersebut. Dia menuturkan mutasi sejumlah Kapolres tersebut merupakan hal yang biasa di tubuh Polri.

“Ini merupakan dinamika organisasi. Juga sebagai reward kepada mereka yang dimutasi karena mendapatkan jabatan yang lebih tinggi,” ujar Satake saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Selasa (27/6/2021).

Dia menyebutkan mutasi Kapolres tersebut mengacu kepada telegram Kapolri Nomor: ST/1508/VII/KEP/2021 tanggal 26 Juli 2021, dan ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Kapolres yang diganti tersebut yaitu, AKBP Azhar Nugroho yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Solok ditarik ke Mabes Polri sebagai Kasubagwasmatkas Bagmindik Rowassidik Bareskrim.

Sementara, Kapolres Solok yang baru dijabat oleh AKBP Apri Wibowo yang sebelumnya sebagai Kapolres Padang Panjang. Posisi Apri sebagai Kapolres Padang Panjang digantikan oleh Koorspripim Polda Sumbar, AKBP Novianto Taryono.

Selanjutnya, Kapolres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariyadi digeser menjadi Irbid Itwasda Polda Sumbar. Posisi Sugeng digantikan oleh AKBP M Aries Purwanto yang sebelumnya menjabat Kasilaklat Satlat Korbrimob Polri.

Kemudian, Kapolres Sawahlunto AKBP Junaidi Nur menjabat sebagai Kasubagdalwas Bagdalmutu Rorenmin Itwasum Polri. Posisinya sebagai Kapolres Sawahlunto digantikan oleh AKBP Ricardo Condrat Yusuf yang sebelumnya menjabat Kasubbagkermalemmeg Bagkermalem Rokermaluhkum Divkum Polri.

Terakhir, Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan yang diangkat sebagai Kabagdalpers Rosdm Polda Sumbar. Penggantinya di Polres Sijunjung adalah AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi dari Pamen Divhunter Polri.

Baca juga: Pemprov Dukung Polda Sumbar Wujudkan Nagari Tangguh Bidang Hukum

Stefanus menuturkan, selain lima Kapolres, mutasi juga dilakukan untuk jabatan Wakil Komandan Satbrimob Polda Sumbar. Jabatan tersebut dijabat oleh AKBP Try Hadiyanto yang sebelumnya mengisi posisi Kapolres Aceh Utara. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist