Mudik Jakarta-Padang Lewat Tol, Segini Lo Biaya 

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Setelah dua tahun dilarang, mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2022 ini telah diperbolehkan pemerintah.  Untuk kamu perantau asal Sumatera Barat (Sumbar) yang bakal pulang kampung dari Jakarta, terdapat pilihan jalan tol yang bisa dilewati.

Beberapa ruas jalan tol yang perlu Anda tempuh dari Jakarta untuk sampai ke Padang adalah Jakarta-Tangerang, Tol Tangerang-Merak dan lalu dilanjutkan naik kapal feri Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakauheni.

Selanjutnya perjalan lewat tol kembali dapat disambung di tol Bakauheni-Terbanggi Besar, tol Kayu Agung-Palembang. Sampai disini akses tol terputus dan kamu mesti melanjutkan perjalan lewat jalan umum atau jalan nasional.

Soal biaya yang harus dirogoh pemudik untuk lewat tol sampai ke Padang, dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, pemudik dapat menggunakan kendaraan golongan satu seperti sedan hingga bus.

Anda dapat memulai perjalanan melalui ruas tol Jakarta-Tangerang dengan tarif Rp7.000 dan mengambil pintu keluar Gerbang Tol Cikupa. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan melalui tol Tangerang-Merak dengan tarif Rp44 ribu.

Untuk sampai ke Pulau Sumatera, harus menggunakan kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Menurut aplikasi Ferizy milik PT ASDP, kendaraan sedan penumpang yang masuk ke golongan 4A dikenakan biaya Rp419 ribu.

Sesampainya di Bakauheni, Anda dapat melanjutkan perjalanan melalui tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan biaya Rp111 ribu dan melanjutkan ke tol Kayu Agung-Palembang dengan tarif Rp50 ribu.

Dengan begitu, biaya tol dan kapal feri yang perlu Anda keluarkan adalah sebesar Rp631 ribu. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya perjalanan jalan raya non-tol menuju Padang.

Baca Juga: Yang Mudik ke Sumatra jangan Lupa Istirahat, Catat Dulu Daftar Rest Area di Jalan Tol Kebanggaan 

Setelah keluar di pintu gerbang Palembang, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Padang dengan beberapa jalan non tol, seperti Jalan Lintas Sumatera, Jalan Muaro Bulian, Jalan Muaro Bungo, hingga ke Jalan Raya Padang. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist