MTsN 6 Padang dan MAN 1 Bukittinggi Raih Juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah 2022

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Dua madrasah dari Sumatra Barat (Sumbar) mencatat sejarah dengan meraih prestasi terbaik, menjadi juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotics Competition (MRC) 2022.

Mereka yang mengharumkan nama Sumbar ini adalah tim Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Padang dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bukittinggi. Kedua tim ini meraih Juara 1 pada bidang Robot Inovasi.

MRC yang dipusatkan di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berlangsung 22-23 November 2022, dan secara resmi telah ditutup oleh Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar, Rabu (23/11/2022).

Tim MTsN 6 Kota Padang yang Juara 1 bidang Robot Inovasi MRC 2022 terdiri dari dua siswa yakni, Alif Sulthan dan Andini Eliana Naurif. Mereka dibimbing oleh guru, Nila Permata Sari Umami dan pembina Kepala MTsN 6 Padang, Ramli.

Kemudian, anggota tim MAN 1 Bukitinggi yang Juara 1 pada kategori yang sama, adalah Uswatun Hasanah dan Hanifa Rahmi dengan guru pembimbing Zulkhairi dan Erria Nanda Utama. Tim ini dikomandoi Kepala MAN 1 Bukittinggi, Irsyad.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar Hendri Pani Dias menjelaskan, Kompetisi Robot Madrasah merupakan ajang kompetisi kemampuan para siswa madrasah dari tingkat MI, MTs dan MA dalam bidang Robotika dan Otomasi.

“Pada ajang ini para peserta unjuk kemampuan dalam merakit dan memprogram robot, menampilkan berbagai inovasi mulai robot terapan hingga lingkungan,” jelasnya.

Kompetisi robot ini  terbagi dalam tiga sub-tema, yakni ‘robot for school’ untuk tingkat MTsN, ‘robot for household’ untuk tingkat MI dan ‘robot for environment’ untuk MA.

Dua tim robotik madrasah utusan Sumbar mengangkat tema yang hampir sama pada kompetisi ini, yaitu alat sensor.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumbar, Helmi mengapresiasi dan bangga serta memberi ucapan selamat kepada para juara Kompetisi Robotik Madrasah 2022.

Helmi berharap agar para siswa yang meraih juara terus meningkatkan kapasitas dan keahliannya di bidang tersebut.

“Saya bangga bahwa Sumatra Barat dapat bersaing dengan madrasah terbaik di Indonesia. Kompetisi robotik madrasah diharapkan memberi pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi dan robotik ini,” kata Helmi.

“Sekaligus juga merangsang siswa siswi madrasah untuk terus mempersiapkan diri menghadapi era industri 4.0, menjadi siswa madrasah yang mandiri berprestasi. Semoga para siswa terus meningkatkan kapasitas dan keahliannya terutama di bidang sains teknologi,” ulasnya.

Helmi juga meminta kepada seluruh pihak, khususnya tim pengembang robotik madrasah Sumbar terus melakukan kegiatan yang bersifat inovasi, sehingga bisa meningkatkan kualitas madrasah dari seluruh sisi, baik operasional, pendidikannya, dan juga prestasinya.

Baca juga: 6 Madrasah Sumatra Barat Lolos Seleksi Kompetisi Robotik Madrasah 2022, Berikut Daftarnya

“Ini momentum untuk kita terus meningkatkan kualitas madrasah. Madrasah kini kian menjadi kepercayaan masyarakat. Maka, perlu terus berbenah, menjadi yang terbaik. Hari ini MTsN 6 Kota Padang dan MAN 1 Bukittinggi yang mencatat prestasinya, semoga mampu memantik madrasah lain di Sumbar untuk mengikuti tren positif ini,” lanjut Helmi. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist