MTQ Nasional Tanah Datar Resmi Dimulai, Pemkab Bidik Juara Umum Tingkat Sumbar   

Penulis: Isran Bastian

Batusangkar, Padangkita.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional  ke 41 Tingkat Kabupaten Tanah Datar resmi dimulai di Lapangan Sepakbola Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas. Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tanah Datar menargetkan kembali rebut juara umum MTQ N Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

“Pelaksanaan MTQ N ini sebagai langkah menyaring bibit terbaik yang dipersiapkan sebagai calon kafilah Tanah Datar mengikuti MTQ N Tingkat Provinsi Sumbar di Solok Selatan, Insya Allah Juara umum kita rebut kembali,” kata Ketua Umum LPTQ Tanah Datar Richi Aprian, Senin (20/6/2022).

Dikatakan dia, untuk melahirkan kafilah benar-benar berkualitas dan berdaya saing, pelaksanaan MTQ N Tingkat Kabupaten telah menggunakan sistem Elektronik atau E-MTQ.

“Kita telah melaksanakan pendaftaran peserta sampai pelaksanaan penilaian menggunakan E-MTQ, sehingga diharapkan para kafilah memang benar-benar berasal dari masing-masing kecamatan dan dalam penilaian lebih fair karena hasil penilaian langsung ditampilkan setelah kafilah perform,” sampai Richi.

Dalam MTQ N tahun 2022, tambah Richi, akan mempertandingkan 31 Cabang Lomba dan Golongan dengan lokasi tersebar di Musala, Masjid dan Sekolah-sekolah di Nagari Saruaso.

“Ajang ini dilaksanakan dari 20 sampai 24 Juni 2022 ini diikuti 850 kafilah dari kecamatan se Tanah Datar yang terdiri 441 kafilah putra dan 409 kafilah putri,” katanya.

Sementara Bupati Eka Putra mengatakan, penyelenggaraan MTQ tidak sekedar bermakna peneguhan syiar Islam, namun juga bisa dijadikan barometer untuk mengukur hasil dari pembelajaran Al Qur’an di tengah masyarakat.

“Saya sangat menghargai peserta yang diutus masing-masing kecamatan memang berasal dari kecamatan itu, sehingga kita bisa mengevaluasi perkembangan dan tingkat keberhasilan TPA/TPSA dan pondok Al Qur’an, dan juga Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah,” ujarnya.

Ditambahkan Eka, komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk menggunakan kafilah asli Tanah Datar dalam ajang lebih tinggi tentunya dimulai dari pelaksanaan tingkat Kabupaten benar-benar menghasilkan juara dari yang memang terbaik.

“Saya berharap dalam gelaran MTQ ini melahirkan kafilah terbaik yang bakal mengharumkan nama Tanah Datar di tingkat lebih tinggi, karena itu tentunya juga diharapkan Dewan Hakim yang telah diambil sumpahnya melaksanakan tugas secara adil,” tukasnya.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy berharap pelaksanaan MTQ N Tingkat Kabupaten Tanah Datar bisa berjalan aman dan lancar. “Selamat bertanding kepada para kafilah, semoga bisa meraih prestasi dan pelaksanaan MTQ berjalan sukses, aman dan lancar,” katanya.

Audy juga menyampaikan apresiasi Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah di Tanah Datar.

Baca Juga:  Bayu Nahkodai KNPI Tanah Datar, Bupati Eka Putra Pesankan Hal Ini  

“Saya mengenal pak Bupati dan pak Wabup Tanah Datar cukup baik dan ada ikatan emosionalnya, karena pak Bupati sama merantau di Sulsel dahulu dan Wabup adalah adik kelas saya. Melihat program yang dilahirkan termasuk program Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah, tentu perlu diapresiasi,” tukasnya. [djp/isr]

Terpopuler

Add New Playlist