MSI Sumbar Susun Ensiklopedia Minangkabau dan Usulkan Adinegoro Jadi Pahlawan

Penulis: Muhammad Aidil

Padang, Padangkita.com – Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Sumatra Barat (Sumbar) berencana akan menyusun ensiklopedia Minangkabau.

Ketua MSI Cabang Sumbar, Wannofri Samry mengulas bahwa program kerja (proker) kepengurusan yang dipimpinnya untuk periode kedua selain membuat ensiklopedia adalah Seminar Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

“Agenda yang kami susun dalam kepengurusan MSI Cabang Sumbar juga bakal didukung instansi lainnya, termasuk Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar,” katanya saat memaparkan program kerja di hadapan Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Sabtu (19/6/2021).

Ketua Komisariat MSI Kota Sawahlunto, Adrial juga menambahkan bahwa pihaknya tengah menyiapkan seminar di tingkat Kota dan Kabupaten di Sawahlunto tentang pengusulan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional nantinya.

“Nama terakhir merupakan putra asal Talawi, Kota Sawahlunto (dulunya, Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung),” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, catatan sejarah perjuangan anak bangsa itu patut untuk diajarkan di sekolah agar generasi penerus bangsa mengenang jasa para pahlawan sendiri.

“Jangan sampai generasi penerus bangsa ini melupakan nilai-nila bela negara sekaligus patriotisme dan jiwa nasionalisme dari para pahlawan mempertahankan kedaulatan negaranya,” ujarnya.

Sebelumnya, Adinegoro juga telah diusulkan menjadi pahlawan nasional oleh Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) ke Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Sawahlunto Efriyanto, mengaku pihaknya telah memiliki kesiapan dalam menindaklanjuti hal tersebut, meski tak merinci secara detail kesiapan yang dimaksud.

“Kami tentu butuh masukan agar kegiatan nantinya betul-betul menjadi legal formal, yang dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku,” kata Efriyanto.

Baca Juga: Adinegoro Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Pemko Sawahlunto Siap Berikan Dukungan

Ia mengeklaim, sampai sejauh ini keinginan untuk mewujudkan adi kandung dari Muhammad Yamin itu untuk menjadi Pahlawan Nasional sangat tinggi, seperti mulai giat dipublikasi di sejumlah media massa.

“Secara naskah akademis kami percayakan kepada MSI Sumbar,” katanya. [abe]

Terpopuler