Mohon Bersabar!  Pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang Masih Belum Jelas

Penulis: Redaksi

Pekanbaru, Padangkita.com – Jadwal pengoperasian ruas jalan tol Pekanbaru – Bangkinang yang merupakan bagian Jalan Tol Padang – Pekanbaru, masih belum ada kepastian.

Sejauh ini, pengerjaannya masih berjalan, fokus pada area sekitar pintu masuk tol dari arah Pekanbaru yang lahannya baru saja selesai ganti rugi.

Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan mengatakan, bagian jalan tol di sekitar pintu masuk dari arah Pekanbaru, tepatnya di daerah Sungai Pinang, kini baru bisa dikerjakan karena proses ganti rugi lahan baru selesai.

“Hingga saat ini masih terus dikerjakan, informasi yang kami dapatkan sebelum Idulfitri tahun ini, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah dapat dilalui atau fungsional,” kata M Job, Rabu (30/3/2022) di situs resmi Pemprov Riau.

Ia menyebutkan, lokasi pengerjaan di daerah Sungai Pinang tersebut awalnya sepanjang 700 meter dan saat ini hanya tinggal menyisakan 300 meter saja yang sedang dikerjakan.

Pada lokasi tersebut juga dibangun exit tol, di mana nantinya exit tol ini juga akan digunakan sementara untuk masuk tol Pekanbaru-Bangkinang.

“Sekarang yang masih dikerjakan tinggal 300 meter lagi. Jadi, nanti sementara masuk tol lewat exit tol di Sungai Pinang,” ujarnya.

Terkait rencana peresmian tol, pihaknya belum mendapat kepastian soal hal tersebut. Sejah ini, kata di, pihaknya belum mendapatkan informasi dari pemerintah pusat.

“Sampai saat ini kami belum dapat informasi lebih lanjut. Biasnya nanti kalau sudah dekat hari pelaksanaan, kami diberi informasi,” kata dia.

Ruas Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang memiliki panjang 40 km dan merupakan bagian Jalan Tol Padang – Pekanbaru.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Padang – Pekanbaru memiliki panjang 255 km, terdiri dari enam seksi yaitu, Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 36,15 km dan Seksi 2 Sicincin – Bukittinggi 38 km.

Baca juga: Ini Jalan Tol di Sumatra yang Dapat Rekor MURI Sebagai Jalan Tol Terpanjang dan Tercepat Pembangunan

Kemudian, Seksi 3 Bukittinggi – Payakumbuh 34 km, Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan 58 km, Seksi 5 Pangkalan – Bangkinang 56 km, dan Seksi 6 Bangkinang – Pekanbaru 40 kilometer.

Sementara itu Japan Tol Padang – Pekanbaru sendiri Adalah bagian sirip dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist