Ini Jalan Tol di Sumatra yang Dapat Rekor MURI Sebagai Jalan Tol Terpanjang dan Tercepat Pembangunan

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Pemerintahan Jokowi memang telah menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai program unggulan, salah satunya adalah jalan tol. Sehingga pembangunan jalan tol ini begitu masif sejak 8 tahun terakhir.

Nah, dalam pembangunan jalan tol ini, sejumlah rekor telah dicatat. Salah satunya adalah, jalan tol dengan ukuran terpanjang dengan pembangunan tercepat. Jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 km.

Menurut Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPJT Kementerian PUPR), jalan tol ini merupakan jalan tol terpanjang dan tercepat pembangunannya di Indonesia.

Jalan tol yang masuk ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ini diresmikan dan beroperasi sejak tahun 2019 lalu. Waktu pembangunannya kurang dari 2,5 tahun, dan Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung telah dapat dirampungkan konstruksinya.

Pembangunan tol ini pun juga mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memecahkan rekor yakni pembangunan Tol Terpanjang.

Jalan Tol ini memiliki peran penting dalam meningkatkan konektivitas antara provinsi Lampung dengan provinsi Sumatera Selatan. Kemudian juga terhubung dengan berbagai kawasan-kawasan produktif, yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik, dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Sumatra.

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ditargetkan akan tersambung dari Lampung hingga Aceh pada tahun 2024 mendatang. Hingga saat ini telah beroperasi sepanjang 653 km yang terdiri dari 9 ruas tol. Ke-9 ruas tol tersebut yakni :

  1. Bakauheni – Terbanggi Besar 140 km
    2. Terbanggi Besar – Kayu Agung 189 km
    3. Kayu Agung – Palembang – Betung 38 km
    4. Belawan – Medan – Tanjung Morawa 43 km
    5. Medan – Binjai 13 km
    6. Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62 km
    7. Palembang – Indralaya 22 km
    8. Sigli – Banda Aceh Seksi 4 14 km
    9. Pekanbaru – Dumai 132 km

Baca juga: Jalan Tol Atas Air Terpanjang di Dunia Ini Dipercantik Demi G20 di Indonesia

Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung terbagi menjadi 2 seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 112 km. Kemudian Seksi II ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77 km. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist