Menkop Ajak KUD Tiku V Jorong Agam Produksi Minyak Makan Merah, Ini Keungulannya

Penulis: Isran Bastian

Lubuk Basung, Padangkita.com – Petani kelapa sawit yang tergabung dalam Koperasi Unit Desa (KUD) Tiku V Jorong, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) diharapkan bisa memproduksi minyak makan merah.

Untuk diketahui, minyak makan merah merupakan produk turunan dari minyak kelapa sawit yang kaya karoten dan vitamin E, sehingga sangat baik bagi kesehatan.

“Bahkan di beberapa daerah, minyak makan merah ini juga dipergunakan untuk mengatasi stunting, karena sangat sehat dan kaya vitamin,” ujar Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki saat menyambangi KUD Tiku V Jorong, Kamis (30/6/2022) lalu.

Dia menjelaskan, minyak makan merah sudah melalui riset komprehensif Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Sehingga, sejumlah provinsi telah ditunjuk sebagai piloting produsen minyak sawit merah.

“Untuk itu, saya ingin mengajak KUD di sini membangun pabrik minyak makan merah. Nanti pengurus koperasi saya undang ke Sumatera Utara untuk mempelajari hal ini lebih lanjut,” katanya menyemagati.

Dia meyakini pengolahan minyak kelapa sawit oleh koperasi dapat membuat petani tidak lagi tergantung kepada pabrik industri. Untuk itu sambungnya, piloting minyak makan merah merupakan upaya melepas ketergantungan tersebut.

Baca Juga: Kurangi Ketergantungan pada Industri, Koperasi di Agam Bakal Garap Pabrik Sawit

“Ini merupakan bagian mensejahterakan petani sawit agar tidak bergantung kepada pabrik industri,” tutupnya. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist