Mengintip Gedung Tempat Anak Muda Kreatif Padang Berkumpul 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Kota Padang belum lama ini meresmikan Bagindo Aziz Chan Youth Center Padang sebagai tempat yang menunjang segala kegiatan ekonomi kreatif (ekraf) dan inovasi kepemudaan di ibu kota Sumatra Barat tersebut.

Sarana ekraf yang diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno tersebut menyediakan ruang bagi 17 sub sektor ekonomi kreatif dan sudah dibuka untuk kegiatan kepemudaan dan ekonomi.

Gedung ini terdiri dari tiga lantai dimana lantai satu digunakan sebagai ruang event, expo dan festival.

Penampakan Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center Padang. [Foto : Padangkita]
Sementara itu lantai dua dimanfaatkan sebagai coworking space dan di lantai tiga menyediakan sebuah tribun yang akan digunakan bagi pelaku ekraf untuk menyaksikan aktivitas dari atas.

Tidak sulit untuk menemukan gedung yang berada tepat di seberang RTH Imam Bonjol ini, akses transportasi juga gampang karena lokasinya yang benar-benar di pusat kota.

Bagi yang membawa kendaraan selamat sendiri, gedung ini memiliki lahan parkir yang sangat luas sehingga mampu menampung puluhan kendaraan sekaligus.

Saat berkunjung ke Bagindo Aziz Chan Youth Center, pengunjung akan disambut oleh sejumlah petugas keamanan di luar pintu, lalu saat beranjak ke dalam terdapat meja informasi yang juga dijaga dua petugas.

Meja informasi dan registrasi jika ingin menggunakan fasilitas di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center Padang. [Foto : Padangkita]
Bagi yang ingin bekerja atau ‘ngantor’ bisa lapor ke resepsionis dan langsung ke lantai dua menaiki tangga yang berada di sisi kanan dan kiri bangunan.

Namun bagi yang ingin menggunakan fasilitas ruangan untuk pertemuan, studio, aula atau lainnya bisa konfirmasi terlebih dahulu ke petugas di meja informasi.

Beranjak ke lantai dua pengunjung akan masuk ke ruangan coworking space yang sangat luas, bisa menampung puluhan pengunjung lengkap dengan fasilitas meja, jaringan internet, colokan, pendingin ruangan dan audio.

Saat masuk ruangan ini, juga terdapat meja petugas tepat di pintu masuk, pengunjung bisa konfirmasi terlebih dahulu atau menanyakan tata tertib pengunaan ruangan agar tidak ada masalah atau kendala nantinya yang bisa menggangu pengunjung lainnya.

Suasana coworking space di lantai 2 Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center Padang. [Foto : Padangkita]
Di hari-hari atau jam tertentu, ruangan ini nyaris penuh dengan pengujung yang datang dari berbagai kalangan untuk memanfaatkan fasilitas yang ada.

Jika dirasa kurang nyaman, kita bisa naik ke lantai tiga untuk bekerja namun di sini tidak ada kursi karena ruangan berbentuk tribun.

Menurut keterangan petugas, pengunjung harian di Bagiando Aziz Chan biasanya puluhan orang setiap harinya, jumlah tersebut akan bertambah di akhir pekan atau saat libur bisa ratusan.

Suasana di Bagindo Aziz Chan Youth Center Padang. [Foto : Padangkita]
Selain itu sejumlah Dinas atau instansi juga kerap memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Youth Center ini seperti Aula, ruang pertemuan dan studio podcast.

Sejauh ini semua fasilitas bisa dinikmati secara gratis tanpa dipungut bayaran.

Sementara untuk kekurangan dari Bagindo Aziz Chan Youth Center ini masih belum terdapat kafe atau tempat khusus membelinya makanan, sehingga pengunjung kesulitan jika harus berlama-lama di sini.

Kedepannya Pemerintah Kota Padang memang berencana memanfaatkan sebagian ruangan yang ada di sisi gedung untuk jadi kafe dan diisi oleh para pelaku UMKM yang ada di Padang.

Baca JugaIni Dia Coworking Space di Padang yang Nyaman Bagi Anak Muda untuk Ngantor 

Bagindo Aziz Chan Youth Center Padang ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist