Mengharukan, Alasan Bupati Pasbar Memilih Mobil Bekas sebagai Kendaraan Dinas

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Rina Akmal

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pasbar menolak pengadaan mobil dinas baru, mereka lebih memilih menggunakan mobil yang sudah ada

Simpang Empat, Padangkita.com– Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi-Risnawanto, yang baru saja dilantik lebih memilih menggunakan mobil bekas untuk keperluan kedinasannya.

Biasanya, setiap bupati dan wakil bupati yang baru dilantik selalu diberikan fasilitas baru sebagai penunjang untuk bertugas. Salah satunya adalah mobil dinas.

Akan tetapi beda halnya yang terjadi di Pasbar, bupati dan wakil bupati terpilih lebih memilih menggunakan mobil dinas yang sudah ada dan telah digunakan pada masa jabatan sebelumnya.

Diketahui, mobil dinas Bupati Pasbar, Hamsuardi saat ini adalah mobil Toyota Landcruiser Prado yang sebelumnya digunakan oleh Bupati Baharuddin R periode 2010-2015. Sedangkan mobil Wakil Bupati, Risnawanto menggunakan mobil dinas Toyota Fortuner yang sebelumnya digunakan oleh Bupati Yulianto ketika menjabat sebagai Wakil Bupati Pasbar periode 2016-2021.

Bupati Pasbar, Hamsuardi ketika dikonfirmasi Padangkita.com Sabtu (27/2/2021) malam membenarkan bahwa ia  lebih memilih menggunakan mobil dinas yang telah ada, dibanding membeli mobil baru.

“Saya rasa lebih penting anggaran yang ada digunakan untuk kepentingan masyarakat, dibanding untuk membeli mobil baru. Sebab, baru atau lamanya mobil, tetap sama rasanya,” kata Hamsuardi.

Menurutnya, apabila dilakukan pengadaan mobil dinas baru hanya membuang-buang anggaran, karena dengan jumlah uang ratusan juta itu, sudah banyak yang bisa diperbuat untuk masyarakat.

“Kami dipilih dan diberi amanah oleh masyarakat, tentu amanah itu akan kami pertanggung jawabkan kepada masyarakat. Tidak mungkin kami hilir mudik menggunakan mobil baru, sementara masyarakat kami kesusahan melewati jalan kebun yang licin,” jelasnya.

Selain itu, Hamsuardi juga mengatakan bahwa dia belum menempati rumah dinas dan memilih untuk tinggal di rumah pribadinya untuk sementara di Jorong Simpang Gadang, Kecamatan Sungai Aur.

“Untuk satu bulan ke depan, berangkat dinas dari rumah pribadi saya di kampung Simpang Gadang ini,” ulasnya.

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pasaman Barat, Faisal mengatakan, bahwa bupati dan wakil bupati Pasbar periode 2021-2024 tidak menginginkan mobil dinas baru dan lebih memilih untuk menggunakan mobil dinas lama yang sudah ada.

“bupati dan wakil bupati menolak untuk pengadaan mobil dinas baru. Menurutnya, lebih baik anggaran itu digunakan untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, hingga saat ini Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto belum menempati rumah dinas mereka masing-masing setelah dilantik oleh Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah di Padang, Kamis (26/2/2021) kemarin.

Baca juga: Seorang Warga di Pasaman Barat Selamatkan Trenggilingg Saat Melintas di Jalan Raya

“Rumah dinas bupati dan wakil bupati telah siap untuk ditempati, namun bupati satu bulan ke depan belum akan menempatinya. Kalau wakil bupati belum ada keterangan, kemungkinan akan masuk hari Senin (2/3/2021) depan,” ungkapnya. (rna)


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist