Mengenal Fokuswanda, Organisasi Para “Malaikat” Pendonor Darah di Atas 75 Kali

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Forum Komunikasi Dermawan Darah (Fokuswanda) Sumbar telah banyak membantu masyarakat yang membutuhkan.

Padang, Padangkita.com – Berdiri sejak sekitar 15 tahun lalu, Forum Komunikasi Dermawan Darah (Fokuswanda) Sumatra Barat (Sumbar) telah banyak membantu masyarakat yang membutuhkan.

Sebagai organisasi kemanusiaan, semua anggota Fokuswanda adalah para pendonor yang mempunyai kriteria menyumbangkan darahnya di atas 75 kali donor.

Langkah yang diambil Fokuswanda mendapatkan apresiasi dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumbar, Albert Hendra Lukman.

“Darah sangat penting bagi kehidupan manusia. Sehingga, sebagai organisasi yang bergerak memotivasi para pendonor ataupun mencari pendonor pemula memang perlu kita dukung,” kata Albert dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Jumat (26/3/2021).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berharap dan mendoakan organisasi Fokuswanda dari hari ke hari semakin besar dan eksis karena sangat penting dalam kegiatan donor darah.

“Maka dari itu, terlepas dari segala hambatan dan rintangan semoga kami bisa carikan solusinya. Oleh karenanya kepada warga Sumbar ayo ikut menjadi pendonor dan memahami akan pentingnya kegiatan sosial berupa donor darah yang dilakukan (Fokuswanda),” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Fokuswanda Sumbar Asril Hasan mengatakan, forum ini berisi para pengurus dan anggota yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Rata-rata anggota forum adalah pendonor darah yang sudah melakukan donor sebanyak 75-100 kali ke atas.

“Sejauh ini kita di Kota Padang tidak menemukan krisis atau kekurangan persediaan darah yang cukup berarti. Kami bersyukur upaya yang dilakukan sejauh ini selalu didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI), pemerintah daerah dan termasuk anggota DPRD,” katanya.

Dalam waktu dekat, lanjut dia, Fokuswanda akan melakukan kegiatan donor darah di kawasan Lubuk Begalung dan akan melakukan penjajakan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang pada bulan Ramadan 1442 Hijriyah.

“Ini baru rencana dan masih bersifat tentatif, kenapa memilih Lubuk Begalung, karena kami melihat antusias dan sambutan akan pelaksanaan (donor darah) itu mendapat sambutan dan mereka siap membantu,” ujarnya.

Seperti diketahui, Fokuswanda merupakan sekumpulan orang di Indonesia yang dianggap sebagai pahlawan kemanusiaan, karena jasa mereka yang luar biasa dalam membantu yang membutuhkan melalui donor darah. Jasa mereka bahkan mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden dan diakui negara. Fokuswanda telah berdiri sejak tahun 1995.

Organisasi ini merupakan wadah komunikasi dan aspirasi sekelompok dermawan darah yang selama hidupnya telah menyumbangkan darah bersih minimal 75 kali. Organisasi ini bersifat independen, non-profit, tidak berafiliasi kepada partai politik manapun dan sukarela.

Para anggota Fokuswanda telah menerima cincin emas dari gubernur, sebagai penghargaan tekah donot 75 kali atau lebih.

Sedangkan bagi yang sudah berdonor sukarela 100 kali atau lebih akan mendapatkan Satya Lencana Kebhaktian Sosial Bidang Kemanusiaan dari Presiden.

Baca juga: Cerita Herman Hendrix yang Telah Donor Darah 156 Kali, Gara-gara Urus SIM Berbuah Penghargaan Presiden

Khusus di Sumbar, organisasi ini telah hadir lebih kurang sejak 15 tahun dan sudah mempunyai puluhan anggota. [*/pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler