Menengok Perpustakaan Desa Terbaik Nasional di Nagari Manggopoh, Punya Koleksi 2.200 Eksemplar dan 1.100 Judul 

Penulis: Redaksi

Lubuk Basung, Padangkita.com – Setelah sekian lama menempati bangunan milik masyarakat, Perpustakaan Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam kini miliki gedung baru. Sekretaris Nagari Manggopoh, Sri Martini menyebutkan, perpustakaan ini berdiri 2018, sekitar 2 tahun lebih menempati bangunan yang merupakan partisipasi dari masyarakat.

“Kini telah miliki gedung sendiri tepatnya samping kantor nagari, yang dibangun tahun kemarin melalui dana desa sebesar Rp157 juta. Gedung ini baru dimanfaatkan Senin kemarin,” sebutnya, Rabu (23/2/2022).

Dia juga membeberkan kalau perpustakaan itu merupakan salah satu perpustakaan desa terbaik tingkat nasional 2021, dalam program Implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Perpustakaan ini katanya, memiliki berbagai buku bacaan dengan koleksi sebanyak 2.200 eksemplar dari 1.100 judul. Untuk menambah koleksi, pihak pemerintah nagari bakal buka wakaf buku yang nanti bekerjasama dengan pemuda.

“Kita berupaya jelang Ramadan atau abis lebaran buka wakaf buku ini, kita berharap bagi masyarakat yang punya buku dan tidak dipakai agar bisa mewakafkannya ke perpustakaan,” ujarnya.

Apalagi tingkat kunjungan sudah mulai tinggi di perpustakaan itu, sehingga perlu koleksi buku yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

“Perpustakaan ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh berkunjung. Bahkan kita sudah sepakat dengan pengelola TK dan PAUD, satu kali dalam sepekan digilir untuk mengajak anak didiknya berkunjung ke perpustakaan,” katanya.

Bahkan perpustakaan juga beri reward bagi anak TK dan PAUD yang terbaik, dalam mengikuti program ajaran di lembaga pendidikan sebagai motivasi agar lebih giat belajar.

“Tidak hanya di perpustakaan, suatu saat kita juga bawa anak usia dini itu belajar ke tugu dan masjid pahlawan, supaya mereka mengetahui sejarah perjuangan terutama Perang Manggopoh,” terangnya.

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman berkunjung ke Perpustakaan Nagari Manggopoh itu, didampingi Kepala Disdukcapil Agam, Helton dan Plt Camat Lubuk Basung, Rizona Quiza.

Ia mengapresiasi terbentuknya perpustakaan ini, karena menurutnya akan jadi salah satu wadah dalam mengembangkan wawasan masyarakat, dengan cara sering membaca buku.

“Maka ini perlu didukung pengembangannya terutama dalam penambahan koleksi buku, supaya pengunjung bisa memilih buku sesuai mereka butuhkan,” sebutnya.

Baca Juga : Pembangunan Fly Over Danau Maninjau, Nofrizon : Ini Spektakuler

Tidak hanya itu, bupati juga apresiasi penghargaan yang diraih Perpustakaan Nagari Manggopoh, diharapkannya ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan menjadi lebih baik. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist