Mendagri Akan Lantik Kepala Daerah Terpilih di Pilkada Sumbar 2020 26 Februari

|
Editor: Zulfikar

Berita Sumbar hari ini dan berita Pilkada Sumbar hari ini: Mendagri berencana melantik 12 pasangan kepala daerah di Sumatra Barat (Sumbar) pada 26 Februari 2021.

Padang, Padangkita.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) berencana melantik 12 pasangan kepala daerah di Sumatra Barat (Sumbar) pada 26 Februari 2021. Semua kepala daerah tersebut merupakan pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

“Direncanakan pada 26 Februari,” ujar Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Iqbal Ramadi Payana saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Rabu (17/2/2021).

Menurut Iqbal, Pemprov Sumbar akan menggelar rapat bersama unsur pemerintahan lainnya pekan depan untuk mempersiapkan pelantikan 12 pasangan kepala daerah terpilih oleh Mendagri tersebut.

Sebanyak 12 pasangan kepala daerah itu terdiri dari tujuh daerah yang tidak ada sengketa perkara di Mahkamah Konstitusi (MK) dan lima daerah yang bersengketa di MK.

Tujuh daerah yang tidak bersengketa Pilkada yaitu Kabupaten Agam, Kota Solok, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Dhamasraya, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman dan Kota Bukittinggi.

Sedangkan lima daerah yang terdapat gugatan di MK yaitu Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Solok.

Lebih lanjut dijelaskan Iqbal, MK juga telah memutuskan tidak menerima gugatan perkara Pilkada di semua daerah itu, kecuali Kabupaten Solok yang masih menunggu jadwal sidang.

Kemudian, Iqbal menjelaskan, masa jabatan 12 pasangan kepala daerah periode sebelumnya juga sudah berakhir pada hari ini.

Lalu, untuk mengatasi kekosongan pemerintahan hingga pelantikan kepala daerah terpilih, Pemprov Sumbar memutuskan untuk mengangkat sekretaris daerah (Sekda) di 12 daerah itu untuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) bupati atau wali kota.

Baca juga: Hari Ini, MK Gelar Sidang Lanjutan 7 Perkara Pilkada Sumbar, Ini Jadwalnya

“Hari ini, semua serah terima tugas,” katanya. [zfk]


Baca berita Sumbar hari ini dan berita Pilkada Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist