Memperingati HUT PDIP ke 48, Kader PDIP Padang Tanam Ratusan Pohon Cegah Abrasi

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Dalam rangka memperingati HUT PDI Perjuangan yang ke 48 dan ulang tahun ketua umumnya Megawati Soekarnoputri yang ke-74, puluhan kader PDIP Kota Padang menanam ratusan batang pohon dengan berbagai jenis di kawasan Pantai Purus Padang

Padang, Padangkita.com– Dalam rangka memperingati HUT PDI Perjuangan yang ke 48 dan ulang tahun Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri yang ke-74, puluhan kader PDIP Kota Padang menanam ratusan batang pohon dengan berbagai jenis di kawasan Pantai Purus Padang.

Ada beberapa jenis tenaman yang ditanam, mulai dari Cemara Udang, Bayur dan Pinago ditanam sepanjang bibir pantai. Mulai dari kawasan Tugu Merpati Perdamaian hingga jembatan layang Hotel Pangeran Beach, pada Sabtu (23/1/2021). Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 300 batang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Padang, Albert Hendra Lukman mengatakan, penanaman pohon ini merupakan rangkaian peringatan HUT PDI Perjuangan yang ke 48 dan ulang tahun ketua umumnya Megawati Soekarnoputri yang ke-74.

“Tanggal 10 Januari 2021 ibu Megawati mencanangkan penanaman pohon sepanjang aliran sungai dan mata air, karena menurut bu Mega, penanaman pohon itu ibarat sumber kehidupan. Dengan adanya pohon, tentunya ktersediaan mata air akan terjamin. Selain itu, di hari ulang tahun PDI Perjuangan, juga dicanangkan hari penanaman sejuta pohon di bumi ini,” kata Albert dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, MInggu (24/1/2021).

Albert mengatakan, aksi penanaman pohon ini serentak dilakukan oleh semua kader se-Nusantara pada tanggal 23 Januari 2021. Alasannya memilih Pantai Padang, karena melihat kawasan tersebut terancam abrasi pantai. Untuk itu, dengan dilakukan penanaman pohon akan mengurangi dampat abrasi di masa yang akan datang.

“Karena hari ini adalah ulang tahun ibu Megawati yang ke 74, inilah kado yang terbaik dan terindah yang diserahkan kader untuk ibu ketua umum kami. Kami sendiri menanam sebanyak 300 batang pohon,” katanya.

Kegiatan menanam pohon yang dilakukan kader PDI Perjuangan tersebut, juga sudah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kader partai terbanyak yang melakukan penanaman pohon secara serentak.

Kegiatan penanaman pohon ini juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, untuk penataan tempat dan juga pemeliharaan. Kegiatan ini juga dibantu sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) yang peduli terhadap lingkungan dan alam.

Baca juga: Razia Lalu Lintas Polresta Padang Sabtu Malam, 22 Kendaraan Ditilang dan Diberikan Sanksi

“Kami berkoordinasi dan bersinergi dengan DLH. Untuk perawatan berkesinambungan, kami meminta bantuan kepada mereka. Kepada masyarakat dan juga pedagang di sepanjang pantai ini, kami meminta pohon yang ditanam ini bisa bermanfaat bagi semuanya dan tetap menjaga agar pohon ini benar-benar bias hidup lima, 10 ataupun hingga 15 tahun kedepan. [rna]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler