Masih Tinggi, Kasus Covid-19 di Sumbar Bertambah 33 Orang, Total Kasus 1.560 Orang

Penulis: MF Zikri

Padang, Padangkita.com – Kasus Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) masih bertambah cukup tinggi, 33 orang, Sabtu (22/8/2020). Dengan tambahan 33 orang ini, berarti total warga Sumbar yang positif Covid-19 menjadi 1.560 orang. Sementara itu, pasien yang sembuh bertambah tiga orang, totalnya menjadi 1.002 orang.

Jasman Rizal, Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar menyebutkan, tambahan 33 kasus ini berasal dari enam daerah yakni, Kota Padang (26 orang), Kota Bukittinggi (1 orang), Kabupaten Agam (2 orang), Kabupaten Tanah Datar (1 orang), Kabupaten Limapuluh Kota (2 orang), dan Kota Payakumbuh (1 orang).

Tambahan kasus hari ini berdasarkan pemeriksaan 3.195 sampel spesimen oleh tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Padang dan Laboratorim Veteriner Baso, Agam.

“Ini adalah rekor terbanyak pemeriksaan sampel spesimen di Laboratorium yang di Indonesia,” kata Jasman, Sabtu (22/8/2020) pagi.

Berdasarkan data yang ada, lanjut Jasman, hampir semua yang terkonfirmasi positif hari ini mempunyai riwayat datang dari luar Sumbar.

Baca juga: Sumbar Dinilai Paling Berhasil Terapkan PSBB, Ini Tanggapan Gubernur Irwan

“Untuk itu tak bosan-bosannya kami meminta kepada seluruh masyarakat, sebaiknya sepulang dari luar daerah Sumbar, manfaatkanlah tes PCR (swab) gratis yang telah disediakan Pemprov Sumbar di berbagai fasilitas kesehatan, termasuk di Bandara,” imbau Jasman.

Dia kembali mengingatkan, surat imbauan Gubernur Sumbar No. 360/194/Covid-19-SBR/VIII-2020 tanggal 19 Agustus 2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan kepada Bupati dan Wali Kota untuk dapat secara tegas di tiap-tiap daerahnya.

“Mari kita perangi bersama-sama pandemi Covid-19 ini sesuai dengan potensi dan kekuatan kita masing-masing, dengan tetap berpikir positif demi masyarakat kita semua.” [*/pkt]


Baca berita Sumatra Barat terbaru hanya di Padangkita.com