Mandeh: Camping Ground Hingga Sensasi Homestay Terapung

Penulis: Erinaldi
Pelabuhan nelayan di Teluk Mandeh. (Foto: Dok. PadangKita)

PadangKita – Wisata pantai menjadi pilihan menarik saat menghabiskan waktu akhir pekan bagi pencinta traveling. Banyak tempat yang bisa menjadi pilihan bagi Anda sebelum menyusun rencana liburan pekan ini.

Jika Anda memilih Sumatera Barat sebagi lokasi tujuan, Teluk Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, layak untuk disinggahi. Berada sekitar 67,5 kilometer dari Padang, Anda bisa menjangkau destinasi yang menawarkan beragam wisata air ini, sekitar dua jam perjalanan darat.

Jalan di sepanjang pantai barat Samudera Hindia menyuguhkan keelokan pantai yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Puncaknya, Teluk Mandeh. Di sini, Anda bisa menikmati degradasi air laut membentuk pola acak dengan satu pintu ke luar menuju laut lepas.

Onggokan pulau-pulau kecil di sekitar Teluk Mandeh menjadi pemandangan menarik yang bisa dinikmati dari Puncak Mandeh. Kawasan ini bisa Anda tempuh dengan mengendarai kendaraan roda empat. Sayangnya, lokasi ini belum tergarap dengan baik.

Wisatawan sedang menikmati keindahan Teluk Mandeh dari Puncak Mandeh. (Foto: Dok. PadangKita)

Dari sini, keindahan Teluk Mandeh tersaji secara penuh. Tapi, tidak cukup jika mengunjungi Mandeh sebelum mencoba singgah di gugusan pulau-pulau kecil yang menawarkan keindahan pasir putihnya nan elok.

Untuk berkunjung ke sejumlah pulau-pulau itu, Anda tidak perlu cemas. Sejumlah agen perjalanan wisata dengan sigap menawarkan paket-paket menarik. Tentunya, tidak menguras kantong terlalu dalam.

Salah satu agen wisata yang menawarkan paket wisata pada PadangKita.com beberapa waktu lalu, menyebutkan rentang harga mulai dari Rp650 ribu hingga Rp1,5 juta. Dengan membeli Paket 1 seharga Rp650 ribu, Anda dan rombongan–maksimal 12 orang– akan dibawa berkunjung ke Pulau Setan (Sultan), Pulau Cubadak, Pulau Sironjong Ketek, Pulau Sironjong Gadang, Hutan Mangrove, Sungai Gemuruh.

Paket ini cukup menarik, selain mengunjungi pulau-pulau kecil tadi, Anda bisa menikmati hutan mangrove yang luasnya mencapai 400 hektare. Selanjutnya, perjalanan akan sampai ke Sungai Gemuruh.

Paket 2, dengan biaya sebesar Rp1,3 juta, Anda dan rombongan akan diantar menuju Pulau Pamutusan, Pulau Pagang, Pulau Swarnadwipa, Hutan Mangrove, dan Sungai Gemuruh. Untuk paket lengkap, cukup dengan merogoh Rp1,5 juta dengan rute yang sama dengan paket tiga.

“Kita menyediakan peralatan snorkeling bagi pengunjung, dan sudah termasuk dalam paket tiga,” ungkap salah seorang agen perjalanan. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam bawah air atau hanya sekedar snorkeling di Pulau Cubadak.

Pengunjung juga diajak menguji nyali untuk melakukan cliff jump di Pulau Sironjong Ketek. Bagi penyuka water sport, Pulau Setan menawarkan banana boat dan serunya menguji kecepatan di atas jet ski.

Bagi penyuka suasana malam di kawasan Mandeh, Anda dan rombongan bisa mencoba camping ground di Pulau Cubadak, Kapo-kapo. Pilihan lain, Puncak Mandeh bisa menjadi lokasi camping yang menarik.

Selain itu, ada sejumlah home stay yang bisa Anda jadikan tempat menginap untuk melewati malam di kawasan Mandeh dengan harga mulai Rp100 ribu per malam. Jika ingin menghabiskan malam di Pulau Cubadak, Anda bisa membayar mulai Rp500 ribu per malam. Rumah terapung di kawasan Mandeh menjadi sensasi berbeda untuk melewati malam seharga mulai dari Rp250 ribu per malam.

Selamat datang di Kabupaten Pesisir Selatan. (Foto: Dok. PadangKita)

Terpopuler

Add New Playlist