Mahasiswa STIH Lubuk Sikaping yang KKN di Nagari Kapa Sosialisasikan Prokes Covid-19

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Lubuk Sikaping yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terus mensosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Hal itu seiring dengan terus bertambahnya jumlah kasus positif dan pasien meninggal dunia setiap harinya.

“Kita mahasiswa STIH Lubuk Sikaping kampus Ophir, Pasbar melaksanakan KKN dengan program utama adalah untuk membantu pemerintah nagari Kapa dalam mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ketua kelompok KKN Nagari Kapa, Zulfahmi Arif kepada Padangkita.com di Simpang Empat, Selasa (10/8/2021).

Menurut Zulfahmi, ia bersama rekan-rekannya mahasiswa merasa prihatin terhadap kondisi Covid-19 yang terus bertambah setiap harinya. Menurutnya, pertambahan yang terjadi saat ini jauh lebih tinggi dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kami melihat masih banyak masyarakat yang kurang peduli dengan protokol kesehatan. Seperti contohnya dalam memakai masker saja masih banyak yang berkilah dengan berbagai alasan,” ungkapnya.

Padahal kata Zulfahmi, akibat tidak patuhnya masyarakat terhadap protokol kesehatan menjadi penyebab salah satu tingginya angka penularan Covid-19.

“Untuk itu kita hadir ditengah-tengah masyarakat bersama pemerintah nagari untuk memberikan sosialisasi akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,” jelasnya.

Disampaikan Fahmi, kegiatan KKN yang dilakukan kali ini fokus kepada pengabdian masyarakat yang mengedepankan sosialisasi Covid-19. “Sasaran kami bagaimana selama KKN ini berlangsung, kami bisa memberikan dampak positif terhadap upaya pengurangan penyebaran Covid-19 di Pasbar, khususnya di Nagari Kapa ini,” ucapnya.

Selain itu, mahasiswa KKN STIH Lubuk Sikaping ini juga turut hadir ditengah masyarakat dalam beberapa kegiatan yang tengah berlangsung. Tujuannya agar bagaimana keberadaan mahasiswa dirasa oleh masyarakat dan bisa membantu pemerintah nagari.

Terpisah, Pj Wali Nagari Kapa Edi Hartono kepada Padangkita.com menyambut baik kehadiran mahasiswa yang melaksanakan KKN di Nagari Kapa itu. Menurutnya, semoga dengan kehadiran mahasiswa bisa memberikan tambahan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya untuk mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: Gelar KKN di Tengah Pandemi, STIH Lubuk Sikaping Ajak Mahasiswa Jadi Teladan Penerapan Prokes Covid-19

“Kami dari Pemerintah nagari siap membantu dan bekerjasama dengan adik-adik mahasiswa dalam mensukseskan program KKN di Nagari Kapa ini,” ungkapnya. [rom]

Terpopuler

Add New Playlist