LPA Sumbar: Jangan Libatkan Anak dalam Kasus PSK Daring

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumatera Barat mengingatkan media dan publik untuk tidak mengikutsertakan anak dalam pusaran kasus PSK daring yang menjerat NN (26).

Ketua LPA Sumbar, Eri Gusman menegaskan berdasarkan aturan dan undang-undang perlindungan anak menyatakan anak-anak harus dilindungi data dan identitasnya.

“Anak-anak yang jadi pelaku kejahatan saja harus dilindungi data dan identitasnya, apa lagi yang menjadi korban,” katanya saat dihubungi padangkita.com, Jumat (07/02/2020).

Lebih jauh Eri Gusman juga meminta kepada media untuk menjaga privasi anak dan jangan diikutsertakan dalam hal apapun termasuk dari sisi pemberitaan untuk media apalagi di media sosial.

Baca juga: Cerita Sedih NN di Balik Populernya Andre Rosiade

Selain anak, dirinya juga meminta media atau warga untuk tidak membawa-bawa nama keluarga dalam persoalan ini.

“Jangan libatkan anaknya NN dalam kasus ini, termasuk juga keluarganya,” katanya lagi.

Menurutnya, jika anak dilibatkan dalam kasus tersebut akan berdampak buruk bagi perkembangan si anak. Apalagi bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal tersebut tentunya akan mengganggu baik perkembangan fisik maupun mental si anak.

Eri Gusman juga menyinggung soal penggerebakan yang dilakukan polisi atas laporan dari anggota DPR RI Andre Rosiade. Menurutnya apa yang dilakukan Andre tidak sesuai dengan tupoksinya sebagai anggota dewan pusat.

Andre Rosiade harusnya lebih fokus mengawasi pemerintahan dan mengkritisi kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah pusat bukan mengurusi masalah ini. Untuk persoalan ini sebaiknya Andre menugaskan atau memerintahkan kepada anggotanya yang berada di daerah.

“Andre harusnya fokus mengawasi jalannya pemerintahan. Untuk urusan daerah ini dia bisa tugaskan atau perintahkan anggotanya yang ada di daerah saja,” katanya.

Diberitakan sebelumnya terjadi penggerebekan terencana terhadap PSK daring yang dilakukan oleh tim Cyber Ditreskrimsus Polda Sumbar atas laporan dari salah satu anggota DPR RI, Andre Rosiade.

Penggerebekan ini terjadi di salah satu hotel yang berada di Padang setelah direncanakan sebelumnya memesan PSK daring melalui aplikasi MiChat terlebih dahulu.

Terpopuler

Add New Playlist