Longsor Terjadi 3 Titik di Sitinjau Lauik, Jalan Padang-Solok Macet Total

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Longsor yang terjadi di kawasan Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Jumat (24/9/2021) petang menutup semua badan jalan.

Akibatnya, jalan lintas Padang-Solok putus total. Kemacetan panjang pun tak terelakkan.

Kapolsek Lubuk Kilangan, AKP Lija Nesmon mengatakan, ada tiga titik lokasi longsor di kawasan tersebut. Semua titik longsor berada di daerah Lubuk Paraku.

Saat ini, kata Lija, jalan utama Padang-Solok tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaran jenis apapun. Semua kendaraan yang datang dari kedua arah bertumpuk di setiap ujung longsor.

“Semua badan jalan ditutupi material longsor,” kata Lija kepada Padangkita.com, Jumat malam ini.

Ia menyebutkan, proses pembersihan material saat ini masih dilakukan secara manual. Pihaknya menunggu kedatangan alat berat untuk membuka akses jalan.

Sebuah mobil terjebak di tengah lumpur lonsoran.

“Kondisi macet total, kita masih menunggu alat berat datang dari PT Semen Padang,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kemacetan ini telah terjadi sejak pukul 17.30 WIB saat longsor mulai terjadi. Menurut dia, lokasi longsor memang diguyur hujat lebat sejak sore.

Pihaknya pun mengimbau para pengendara baik dari Kota Padang maupun dari Solok agar meningkatkan kehati-hatian.

Baca juga: Waspada! Longsor Tutupi Badan Jalan di Lubuk Paraku Sitinjau Lauik

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra juga mengingatkan soal hujan dengan intensitas rendah hingga tinggi yang masih mengguyur wilayah Kota Padang. [mfz/pkt]

Terpopuler