Lolos Jadi Calon Tunggal Ketum KONI Sumbar, Ronny Pahlawan Berpeluang Menang Aklamasi 

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) bakal calon Ketua Umum KONI Sumbar mengumumkan Ronny Pahlawan lolos verifikasi sebagai bakal calon Ketua Umum KONI Sumbar 2021-2025.

Putra mantan Gubernur Sumbar, Azwar Anas tersebut merupakan satunya-satunya atau calon tunggal yang dinyatakan lolos memenuhi syarat sebagai calon Ketua Umum KONI Sumbar.

Ketua TPP Bakal Calon Ketum KONI Sumbar, Defri Nasli saat Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) di Padang, Kamis (16/6/2022) mengatakan, dari dua calon yang mengembalikan syarat pendaftaran hanya satu calon yang memenuhi syarat yakni Ronny Pahlawan.

TPP menetapkan KONI kabupaten dan kota memiliki hak suara sebanyak 18 dari 19 daerah yang ada di Sumbar sehingga ambang batas 5,4 jumlah dukungan, dibulatkan menjadi 5. Sementara untuk Pengprov Cabor ditetapkan 64 cabang olahraga dan 30 persennya berjumlah 19 Pengprov Cabor.

Defri mengungkapkan, Ronny Pahlawan mendapatkan dukungan sah dari 10 dukungan KONI kabupaten dan kota dinyatakan sah. Sementara Pengprov Cabor pendukung sebanyak 31 dukungan dan yang disahkan 28 dukungan dan sisanya tiga dukungan tidak sah.

Sementara itu, bakal calon lainya Syafrizal Bakhtiar dinyatakan tidak memenuhi syarat. Diketahui, Syafriazal Bakhtiar mendapatkan dukungan 5 KONI kota/kabupaten dinyatakan sah dan sedangkan untuk Pengprov Cabor yang sah sebanyak 17 dari 20 Pengprov Cabor yang memberikan mandat.

“TPP menyatakan Syafrizal Bakhtiar  tidak memenuhi syarat dan tidak lolos sebagai Calon Ketua KONI Sumbar syarat dukungan calon,” kata dia.

Ia mengatakan baru dapat mengumumkan hasil ini di Musorprovlub karena adanya surat dari Plt Ketum KONI Sumbar yang menunda pembacaan hasil verifikasi.

“Maka kami baru umumkan hari ini karena dijadwalkan di Musorprovlub namun hasil ini belum ketetapan karena akan disahkan di Musorprovlub ini. Kami sudah menjalankan skema sesuai hasil yang kami putuskan,” kata dia.

Baca Juga: Ronny Azwar Anas yang Pertama Serahkan Berkas Pencalonan Ketua KONI Sumbar

Meski sudah dinyatakan calon tunggal, namun Musorprovlub belum memutuskan apakah Ronny Pahlawan menang secara aklamasi atau tidak. Hingga berita ini dirampungkan, pemilihan Ketua Umum KONI Sumbar masih berlangsung. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist