Lokasi Kecelakaan Kereta Api vs Trans Padang Merupakan Perlintasan Jalur Tunggal Tanpa Pintu

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Lokasi kecelakaan di perlintasan kereta api Simpang Anak Air, Lubuk Buaya jalur tunggal tanpa palang pintu

Padang, Padangkita.com– Perlintasan kereta api di Simpang Anak Air, Lubuk Buaya yang menjadi tempat kecelakaan antara Trans Padang dengan Kereta Api Minangkabau Ekspres, merupakan perlintasan kereta api tanpa palang pintu.

“Disini memang belum ada palang pintunya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakri di lokasi kejadian, Rabu (13/1/2021) siang.

Dian menyampaikan, kecelakaan terjadi saat bus Trans Padang yang datang dari arah terminal Anak Aia menuju jalan Adinegoro melintasi rel kereta api. Setiba di perlintasan, tiba-tiba kereta api Minangkabau Ekspres tujuan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang datang dari Tabing langsung menghantam Trans Padang.

Bus tersebut sempat terseret beberapa meter dan kemudian tersangkut di pohon tepatnya di belakang warung yang ada di sekitar rel. “Bus nya tidak berpenumpang, cuma ada sopir dan pramugaranya. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini,” sebut Dian.

Sementara itu, warga setempat, Ari, 38 tahun mengatakan, di persimpangan Anak Aia tersebut terdapat sebuah portal besi yang biasa digunakan oleh warga untuk menutup jalan saat kereta api melintas.

Portal besi yang diaplikasikan secara manual itu terdapat di ruas Jalan Anak Aia, beberapa meter dari perlintasan kereta api. Sementara, pada simpang masuk menuju Jalan Anak Aia dari Jalan Adinegoro tidak terdapat portal besi.

Pada portal besi itu, juga terdapat tulisan “Perlintasan KA (kereta api) jalur tunggal”. Namun, kata Ari saat kejadian portal tersebut tidak diturunkan oleh warga.

Baca juga: Cerita Pemilik Warung yang Selamat dari Kecelakaan Kereta Api dengan Trans Padang

Diketahui, kecelakaan ini terjadi pada Rabu siang (13/1/2021) sekitar pukul 11.45 WIB. (rna)


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist