Lima Taman Kota di Padang yang Bisa Jadi Tempat Nongkrong

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Kehadiran taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Padang tidak saja menjadi “paru-paru” kota. Namun juga sebagai ruang tempat warga bersilaturahmi dan berekreasi.

Dengan adanya RTH atau taman kota, anak-anak mendapatkan ruang untuk bermain, sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televisi atau gawai. Masyarakat juga dapat berolahraga dan melakukan aktivitas lainnya.

Di Padang saat ini setidaknya ada 10 taman kota yang tersebar di 11 kecamatan. Di antara 10 taman tersebut terdapat sejumlah taman yang mempunyai fasilitas bermain dan nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga atau kerabat.

Berikut Padangkita.com rangkum sejumlah taman di Padang yang cocok untuk menghabiskan waktu, baik itu untuk berolahraga, tempat bermain anak atau sekadar menghabiskan waktu di luar ruangan.

1. Taman Nanggalo

RTH yang berada tepat di kaki jembatan Siteba ini, merupakan salah satu taman yang kerap dikunjungi masyarakat.

Udara di taman ini cukup segar karena masih banyak pohon rindang, selain itu fasilitas bermain anak seperti ayunan, plosotan, jungkitan juga ada.

Taman Nanggalo

Saat sore dan malam taman ini cukup ramai karena di sekitar banyak pedagang kuliner kaki lima dan pasar malam dadakan.

2. Taman Rimbo Kaluang

Taman yang berada di jantung Kota Padang ini sangat rimbun dan sejuk. Berlokasi di ruas Jalan Raden Saleh, taman ini terletak tak jauh dari Masjid Raya Sumbar.

Taman ini biasanya cukup ramai saat siang dan sore hari. Banyak pengendara ojek online yang beristirahat di kawasan taman ini.

Taman Rimbo Kaluang.

Selain itu juga karena di sekitar taman juga banyak terdapat coffee shop kekinian yang jadi langganan anak muda.

3. Taman Digital

Taman digital merupakan tempat yang paling sering jadi pilihan tempat belajar, berkumpul atau bekerja anak muda di Padang. Karena di taman ini dilengkapi dengan fasilitas meja dan kursi panjang yang didukung jaringan internet (wifi) dan dilengkapi colokan listrik.

Selain itu juga ada cold drink vending machine yang selalu beroperasi dengan baik.

Taman digital.

Berlokasi di Jalan Rasuna Said, Padang, taman ini hanya berjarak beberapa meter dari Taman Rimbo Kalung dan juga berseberangan dengan Masjid Raya Sumatra Barat.

4. Taman Tan Malaka

Taman ini tidak begitu luas, namun berada di kawasan perumahan atau lebih tepatnya di Jalan Tan Malaka Padang.

Taman Tan Malaka.

Karena berada di tengah kawasan padat penduduk, taman ini punya banyak fasilitas bermain untu anak. Namun saat ini beberapa fasilitas bermain anak rusak. Hanya beberapa yang masih bisa digunakan.

5. RTH Imam Bonjol

Merupakan alun-alun dan juga ruang terbuka hijau terbesar di Padang. Berlokasi di Jalan Imam Bonjol, taman ini diapit kawasan perkantoran.

RTH Imam Bonjol.

Di taman ini terdapat sebuah Balairung berbentuk Rumah Gadang dan juga lapangan sepak bola. Lapangan ini nyaris tak pernah sepi pengunjung, banyak anak muda hingga bapak-bapak yang nongkrong di RTH ini.

Baca juga: Pemko Padang Bakal Bangun Taman Kota di Tiap Kecamatan

Taman ini juga kerap jadi lokasi sejumlah kegiatan pemerintah, seperti upacara atau sebagai tempat latihan. (*/pkt)

Terpopuler