Libur Akhir Tahun di Masa Pandemi Covid-19, Kunjungan Wisatawan ke Padang Naik 30 Persen

Penulis: Zulfikar Efendi

Padang, Padangkita.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Padang mencatat kunjungan wisata libur akhir tahun atau pada momen Natal dan Tahun Baru di daerah itu naik 30 persen.

Kadisbudpar Kota Padang, Arfian mengatakan, dari sejumlah objek wisata yang ada di Kota Padang, memang paling banyak wisatawan mengunjungi pantai Padang dan Pantai Air Manis.

“Secara garis besar itu memang mengalami peningkatan sekitar 20 hingga 30 persen dibanding hari biasanya di masa pandemi ini, dengan jumlah wisatawan lebih dari 100 ribu orang,” ujar Arfian kepada Padangkita.com, Senin (28/12/2020).

Menurut Arfian, wisatawan yang paling banyak berkunjung ke Kota Padang didominasi dari daerah Riau dan Jambi.

Sementara, untuk wisatawan yang berasal dari wilayah Sumbar sendiri, paling banyak didatangi orang dari kawasan timur Sumbar, seperti Solok Raya (Kabupaten Solok, Kota Solok, dan Kabupaten Solok Selatan).

Selain itu, juga ada pengunjung dari Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya.

“Karena mereka kebanyakan ingin melihat pantai, kami mengetahui bahwa dari daerah dalam Sumbar yang sering berkunjung ke Kota Padang berdasarkan seri belakang kendaraan mereka,” ucapnya.

Tidak hanya itu, kenaikan jumlah pengunjung juga terjadi di Pantai Pasir Jambak dibanding hari biasa sebelum momen Nataru di masa pandemi Covid-19 ini.

“Ada peningkatan dari hari biasanya walau tak seramai di Pantai Padang dan Air Manis, karena kami juga belum maksimal menggarap untuk wilayah sana,” jelasnya.

Baca Juga: Kebijakan Pemko Bukititinggi Gratiskan Biaya Masuk Objek Wisata Berbuntut Panjang, Sejumlah Pejabat Diperiksa Polisi

Untuk peningkatan pendapatan daerah, dikatakan Arfian, pihaknya belum menghitung nomimalnya secara keseluruhan.

“Karena momen liburan masih berjalan, puncaknya pada akhir tahun nanti. Namun, untuk tahun ini, tidak bisa kita bandingkan dengan tahun sebelumnya, karena situasi berbeda,” katanya. [ad/zfk]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist