Laksanakan Tradisi Doa Bersama Jelang Turun ke Sawah, Masyarakat Lubuk Gobing Berkumpul di Kawasan Irigasi

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Masyarakat Jorong Lubuk Gobing, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berkumpul di kawasan irigasi mengadakan doa bersama, Minggu (28/6/2020).

Kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat setempat yang dilakukan sekali setahun sebelum masa bertanam padi. Meski di masa “new normal” kegiatan ini tetap dilaksanakan.

Kepala Jorong Lubuk Gobing, Nadir kepada Padangkita.com menyampaikan kegiatan yang juga diisi dengan makan bersama itu diikuti seluruh warga setempat. Setiap keluarga yang hadir, membawa satu ekor ayam panggang.

“Ini merupakan nazar tahunan untuk mengenang jasa orang tua kita dahulu dalam membuka bandar irigasi waktu zaman Belanda dahulu,” ujarnya melalui telepon seluler.

Nadir menambahkan, kegiatan doa turun ke sawah ini dilakukan agar para petani diberi kelancaran selama melakukan proses tanam padi dan dijauhkan dari kendala-kendala, serta mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Baca juga: Kantongi Narkoba Jenis Sabu, Seorang Pria di Sungai Aua Pasaman Barat Diringkus Polisi

“Kegiatan ini semuanya dilakukan untuk mengharap keberkahan dari Yang Maha Kuasa sebelum turun ke sawah untuk menanam padi,” lanjutnya.

Kegiatan ini turut dihadiri petugas penyuluh pertanian setempat sembari memberikan arahan teknis untuk mulai bertanam padi yang baik. [rom/pkt]


Baca berita Pasaman Barat terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler