Kronologi Penemuan 6 Granat di Tahura Bung Hatta Sitinjau Lauik, Dikumpulkan Sejak 2 Pekan Lalu

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Enam granat ditemukan di Kawasan Hutan Taman Raya Bung Hatta (Tahura), Kota Padang.

Padang, Padangkita.com – Enam granat di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bung Hatta di Jalan Lintas Padang-Solok, Ladang Padi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, ternyata telah ditemukan sejak dua pekan lalu.

Sekuriti Tahura Bung Hatta, Ahmad Yunus, 27 tahun mengatakan, benda itu pertama kali ditemukan oleh petugas kebersihan di sebuah aliran sungai kecil di lereng Tahura.

Kemudian, oleh petugas tersebut benda itu dipindahkan ke bawah pohon yang tak jauh dari lokasi penemuan untuk dikumpulkan pada satu tempat.

“Sudah dua minggu yang lewat ditemukan. Ditemukan di hari yang berbeda, tidak ditemukan sekaligus, makanya dikumpulkan satu tempat,” kata Ahmad di lokasi, Senin (5/4/2021).

Ahmad mengungkap, granat terakhir ditemukan pada Sabtu (3/4/2021). Saat itulah dia menghubungi Polsek Lubuk Kilangan.

“Saya awalnya kurang tahu itu granat, tapi kalau dilihat-lihat lagi dengan jelas, mirip dengan granat. Agar aman, kita pindahkan ke bawah pohon, takutnya dimainkan oleh pengunjung. Kami juga lapor ke polisi,” terangnya.

Sementara itu, petugas kebersihan Tahura, Zaki menyebutkan, ia menemukan benda tersebut saat mencuci tangan setelah bersih-bersih kawasan Tahura sekitar dua pekan lalu.

Saat itu, ia melihat sebuah benda aneh berbentuk bulat di aliran sungai kecil. Waktu itu, dia tak begitu menghiraukannya. Ia pun tak menyangka jika benda itu ternyata sebuah granat saat ia melihat benda serupa di internet.

“Saya menemukannya dalam waktu sekitar tiga hari saat itu. Setelah mengetahui itu granat, saya pindahkan ke tempat aman, di bawah pohon,” ujarnya.

Baca juga: Tim Penjinak Bom Dikerahkan ke Taman Hutan Raya Bung Hatta Evakuasi Granat

Pantauan Padangkita.com, lima granat berbentuk bulat, dan satu lagi berbentuk panjang. Polisi telah datang ke lokasi dan memasang memasang garis polisi. Untuk mengevakuasi granat itu, dikerahkan tim penjinak bom (Jibom) Polda Sumbar. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist