KPU Pessel Tetapkan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariyansah

Penulis: Redaksi
|
Editor: Rina Akmal

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: KPU Pessel menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariyansyah

Painan, Padangkita.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) akhirnya menetapkan pasangan Bupati dan wakil bupati terpilih Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariyansyah, Jumat (19/2/2021) di Hannah Hotel Syariah Painan.

Penetapan bupati dan wakil bupati terpilih melalui rapat pleno itu dihadiri oleh seluruh anggota KPU Pessel, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan sejumlah pihak terkait.

“Tepat pada pukul 09.40 WIB kami tetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih, Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariyansyah,” kata Epaldi diikuti dengan mengetuk palu, sebagai tanda penetapan yang sah pasangan calon kepala daerah terpilih.

Epaldi menjelaskan, sebelumnya KPU Pessel sudah melakukan penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada (17/12/2020) lalu. Namun, keputusan tersebut digugat oleh Paslon nomor urut satu, Hendrajoni dan Hamdanus, kemudian sengketa Pilkada tersebut sudah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada Selasa (16/2/2021).

“Setelah memasuki tiga hari, kami menerima salinan keputusan MK, maka sekarang kami tetapkan pasangan calon terpilih,” ulas Epaldi.

Berdasarkan Peraturan KPU nomor 19 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, maka pemenang pemilihan kepala daerah diputuskan melalui perolehan suara terbanyak.

Epaldi menyebutkan perolehan suara terbanyak yang ditetapkan sebagai pasangan bupati dan wakil bupati terpilih adalah pasangan nomor urut dua, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah dengan jumlah suara sebanyak 128. 922.

Sementara pasangan calon nomor urut satu, Hendrajoni dan Hamdanus hanya 86.074 suara dan pasangan nomor urut tiga, Dedi Rahmanto Putra dan Arfianof Rajab sebanyak 10.220 suara.

Usai penetapan pasangan calon bupati terpilih, Epaldi Bahar mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait, serta media masa baik cetak dan eletronik yang sudah ikut berperan aktif dalam mensukseskan pilkada 2020.

Selanjutnya, KPU Pessel akan mengusulkan ke DPRD terkait pelantikan Bupati terpilih pada hari ini, agar dapat ditindak lanjuti oleh DPRD dan seterusnya disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Soal kapan dan siapa yang akan melantik, bukan menjadi kewenangan kami lagi di KPU Pessel. Selanjutnya, kami serahkan kepada pihak yang berkompeten,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pessel Erman Wadison mengatakan, rangkaian proses dan pengawasan tahapan pilkada sudah dilaksanakan oleh jajaran penyelenggara secara maksimal. Untuk itu, ia meminta agar masyarakat dapat menghormati hasil putusan Pilkada 2020 yang sempat disengketakan dan diproses melalui Mahkamah Konstitusi.

Baca juga: Kunjungi Pesisir Selatan, Kabiro Perencanaan dan Hukum Pepurnas: Tingkatkan Pelayanan

” Kami sudah berupaya melaksanakan tugas sesuai kewenangan. Untuk itu, masyarakat juga harus menghormati putusan mahkamah konstitusi yang telah bersifat final,” tuturnya. (nik/rna)


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist