Kota Sawahlunto Jadi Tuan Rumah Rakor Dinas Pariwisata se-Sumbar

Penulis: Zulfikar Efendi

Sawahlunto, Padangkita.com – Kota Sawahlunto menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas Pariwisata Provinsi bersama kabupaten dan kota se-Sumatra Barat (Sumbar) pada Kamis (16/9/2021).

Rakor itu secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, yang juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga kabupaten dan kota se-Sumbar.

Menurut Zohiri, mem-branding dengan promosi bersama berbasis digital bagi setiap destinasi wisata dan berfikir untuk membangun Sumber Daya Manusia (SD) Pariwisata merupakan suatu hal yang sangat penting.

Dia berharap, akan tumbuh SDM Pariwisata berkualitas yang benar-benar sadar wisata, sehingga bisa membangun sektor pariwisata lebih baik.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial menyebutkan, bahwa dalam perkembangan saat ini, pariwisata bukan lagi sekedar menawarkan apa yang kita punya, melainkan juga memikirkan apa yang dibutuhkan oleh wisatawan.

Dengan kata lain, kata Novrial, daerah harus mengembangkan pariwisatanya sesuai dengan kebutuhan pasar, sehingga bisa memberikan kepuasan bagi wisatawan yang berkunjung.

“Kita juga harus memikirkan dan menyediakan apa yang mereka butuhkan, bukan sekedar menawarkan apa yang kita punya,” ujar Novrial.

Baca juga: Wakil Wali Kota Sawahlunto Kunjungan Kerja Ke Pasbar, Ini Tujuannya

Rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan diskusi dan silaturahmi antar stakeholder pariwisata dan pameran produk-produk UMKM Kota Sawahlunto. [*/zfk]

Terpopuler