Kota Padang Tak PPKM Level 4 Lagi, Target Vaksinasi 45 Persen Tetap Dikejar

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Mulai hari ini (12/10/2021), Kota Padang tak lagi berstatus PPKM Level 4. Namun, Pemko Padang tetap berusaha mengejar target capaian vaksinasi Covid-19 hingga 45 persen dalam sepekan ini.

Saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Padang telah berada di angka 42,9 persen.

Kemarin, dalam konferensi virtual, Ketua Komite Penanganan Covid-19 Airlangga Hartarto menyebutkan, Kota Padang telah turun level. Menurut Airlangga, sebelumnya ada 6 daerah di luar Jawa Bali yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Level 4 sejak minggu lalu. Tapi mulai besok, ada dua kota yang sudah turun level.

“Keduanya, Kota Padang dan Kota Banjarmasin,” kata Airlangga.

Meski begitu, Airlangga tetap mengingatkan daerah soal capaian vaksinasi yang masih di bawah nasional yang mencapai 45 persen.

Sementara itu Wali Kota Padang Hendri Septa menargetkan, dalam lima hari ke depan setidaknya warga Kota Padang yang divaksin bisa bertambah 20 ribu lagi

Dinas Kesehatan Kota Padang menyebut jumlah capaian vaksinasi Kota Padang sebanyak 42,9%. Artinya, sebanyak 310.000 warga Padang sudah divaksin.

“Kita kejar target minimal dari pemerintah pusat dalam lima hari ini, kita harus capai angka 45%,” kata Hendri Septa.

Ia menyatakan seluruh siswa harus segera masuk sekolah atau belajar tatap muka.

“Kita minta seluruh lurah bergerak cepat untuk mencapai target minimal, mengajak warganya vaksin ke tempat yang telah disiapkan,” tuturnya.

Hendri Septa menyebut, apabila setiap kelurahan saja mampu memvaksin 500 orang dalam sehari, target nasional akan dapat tercapai. Bahkan bisa lebih.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani menyebut sejak tanggal 11 hingga 16 Oktober nanti, Pemerintah Kota Padang membuka sentra vaksin di sejumlah tempat. Seperti di Puskesmas, Rumah Sakit, mal, dan tempat lain yang ditunjuk.

“Bagi kelurahan yang tidak memiliki fasilitas kesehatan, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di kantor lurah, bahkan ada juga yang dilaksanakan di shelter,” sebutnya.

Baca juga: Status Darurat Bencana, BPBD Padang Siagakan Personel 24 Jam

Ferimulyani mengimbau seluruh camat dan lurah untuk mengajak warganya agar mendatangi tempat vaksinasi yang telah ditunjuk. Karena menurutnya, sukses atau tidaknya pelaksanaan vaksinasi tergantung kepada masyarakat. (*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist