Korban Tewas dan Luka-luka Akibat Pohon Tumbang Adalah Peziarah yang Ikut Basapa

Parit Malintang, Padangkita.com – Satu korban tewas dan tiga orang luka-luka akibat pohon tumbang di Kompleks Makam Syekh Burhanuddin, Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, diketahui merupakan jemaah Tarekat Syattariyah.

Salah seorang ulama jemaah Tarekat Syattariyah, Ali Imran Tuangku Bagindo Qadhi mengatakan empat orang korban tersebut diketahui hendak berziarah di Makam Syekh Burhanuddin.

Sebagai informasi, ziarah merupakan bagian dalam tradisi basapa yang dilakukan jemaah Tarekat Syattariyah. Tradisi ini sendiri telah berlangsung sejak sepekan lalu dan malam ini merupakan puncak kegiatan.

“Iya, korban merupakan jemaah yang pergi berziarah,” ujar Ali, Rabu (29/9/2021).

Dia menuturkan tradisi basapa sendiri diikuti oleh ribuan jemaah tarekat yang datang silih berganti untuk melakukan ziarah makam. Ribuan jemaah itu berasal dari berbagai daerah.

“Hari ini puncaknya dan terakhir. Kalau mulai sudah sepekan. Jemaah yang datang berasal dari seluruh pelosok Minangkabau,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa pohon tumbang memakan korban jiwa itu terjadi pada Rabu (29/92/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Pohon Tumbang di Makam Syekh Burhanuddin, 1 Orang Tewas dan 3 Luka-luka

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman Budi Mulya mengatakan selain korban jiwa, pohon tumbang juga mengakibatkan 10 unit kios atau warung warga mengalami kerusakan bagian atap. Pohon tumbang juga menimpa 30 unit kendaraan bermotor. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist