Koperasi Serba Usaha Milenial Pessel Sejahtera Siap Mengolah Gambir Agar Bernilai Jual Tinggi

Penulis: Redaksi
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Koperasi Serba Usaha Milenial Pessel Sejahtera Siap Menjadi Produsen Katekin dan Tanin Gambir di Sumbar.

Painan, Padangkita.com– Koperasi Serba Usaha Milenial Pessel Sejahtera (KSU-MPS) dalam waktu dekat akan memproduksi teh dari daun gambir. Tidak hanya itu, ke depan Koperasi dibawah Gapoktan Batang Timbulun, Taratak, Kecamatan Sutera ini juga siap memproduksi katekin dan tanin gambir di Pesisir Selatan.

Harga jual gambir saat ini tidak memberikan kesejahteraan pada petani, karena pengolahan gambir cukup sulit dan butuh biaya dan tenaga besar. Hal inilah yang dirasakan petani gambir di Kabupaten Pesisir Selatan khususnya di Kecamatan Sutera.

Ketua Gakpotan Batang Timbulun Taratak, Buskamil mengatakan, kelompoknya akan berusaha membuat nilai jual gambir lebih tinggi. Setidaknya, memberikan pemasukan yang seimbang untuk para petani gambir di Pessel.

“Kalau harga sekarang petani gambir kita tidak akan sejahtera. Makanya kami buat gebrakan bagaimana petani gambir bisa menikmati hasil dari gambir melalui pengolahan,” ujarnya, Minggu (10/1/2021).

Buskamil berharap bantuan dari pemerintah serta perguruan tinggi untuk bisa mewujudkan Pessel bisa memproduksi katekin. Merujuk data BPS, 2017 saja luas lahan gambir di Pessel mencapai 3.763 hektar, dari jumlah itu bisa menghasilkan 76 ton katekin perbulan.

Apalagi, dari hasil laboratorium Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Kementerian Pertanian pada 2019 lalu, kadar katekin gambir Pessel mencapai 98 persen. Menurutnya, ini menjadi kabar baik bagi para petani gambir, khususnya di Pessel.

“Kami juga dapat informasi Unand sedang menciptakan teknologi yang bisa menghasilkan katekin, dan akan dicloning di tiap-tiap nagari penghasil gambir di Sumbar. Kami tentu ingin transfer ilmu dari Unand dan akses pasar juga,” katanya.

Dia berharap, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan Koperasi Serba Usaha Milenial Sejahtera. Dia juga berharap dapat berdiskusi secara langsung dengan LPPM Unand.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak Lagi di Pessel, Guru, TNI hingga Bidan Dilaporkan Terinfeksi Corona

Diketahui, KSU-MPS sendiri berada di Kenagarian Aur Duri Surantih dan bergerak di bidang pertanian, pangan, kelauatan, perdagangan, ESDM, dan peternakan. Pengolahan gambir sendiri merupakan pengembang dibidan pertanian. [rna]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist