Komunitas Cahaya Peringati Hari Kanker Anak Internasional di RSUP M Djamil Padang

Penulis: Sonia

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Komunitas Cahaya memperingati Hari Kanker Anak Internasional di RSUP M Djamil Padang.

Padang, Padangkita.com – Tubuh-tubuh kecil itu tampak antusias memasuki ruang pertemuan di Instalasi Rawat Inap Kebidanan dan Anak RSUP M. Djamil. Ada senyum di ujung mata mereka dari wajah yang tertutup masker.

Relawan dari Komunitas Cahaya menyambut mereka dengan balon warna kuning dan merah. Sekitar 10 anak penderita kanker didampingi orang tua mereka berkumpul di Bangsal Kebidanan untuk memperingati Hari Kanker Anak Internasional.

Sejak didirikan pada 2018 lalu, ini adalah tahun ketiga bagi Komunitas Cahaya merayakan hari kanker anak. Komunitas Cahaya merupakan komunitas yang memberikan pendampingan kepada anak dan orang tuanya dalam menghadapi dan menjalani pengobatan.

Saat ini Komunitas Cahaya memberikan pendampingan kepada 149 orang. Pasien berasal dari berbagai wilayah di Sumbar termasuk juga luar Sumbar, seperti Riau, Kepri, Bengkulu, Sumut yang dirujuk ke RSUP M. Djamil.

“Kanker yang paling banyak diderita anak yaitu Leukemia ALL, lalu osteosarkoma atau kanker tulang, kanker mata, ada kanker otak,” kata Dedi Kurnia Putra, Ketua Yayasan Komunitas Cahaya pada Senin (15/02/21).

Pendampingan yang diberikan yaitu dukungan secara emosional dan finansial. Selain itu, orang tua umumnya berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah.

“Anak yang sakit pasti kedua orang tuanya mendampingi dari mana pemasukan keluarga. Komunitas Cahaya memberikan biaya hidup, biaya transportasi dari rumah ke RS untuk keluarga yang tidak mampu,” ujarnya.

Adapun komunitas ini juga menyediakan tempat penginapan bagi keluarga pasien yang sedang menjalani perawatan.

Terpopuler