Kini 7 Terbawah, Lewat “Sumdarsin” Sumbar Optimis Jadi 10 Besar Provinsi Tertinggi Vaksinasi

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah optimistis gerakan “Sumbar Sadar Vaksin” atau “Sumdarsin” yang diluncurkan di GOR Haji Agus Salim Padang dapat melebihi target sasaran 100 ribu orang.

“Melihat antusias warga tidak hanya di Kota Padang tetapi juga di 18 kabupaten/kota yang juga melaksanakan gerakan ini secara serentak, kita optimis capaiannya bisa lebih dari 120 persen,” kata Mahyeldi saat meluncurkan Gerakan Sumdarsin bersama Kapolda Sumbar dan Danrem 032/Wbr, Sabtu (30/10/2021).

Menurut Mahyeldi, dengan laju vaksinasi Covid-19 yang cukup tinggi beberapa minggu terakhir capaian vaksinasi di Sumbar sudah cukup baik, bahkan naik 5 peringkat secara nasional. Awalnya peringkat 2 terbawah menjadi peringkat 7 dari bawah.

Data sebelum Gerakan Sumdarsin capaian vaksinasi Sumbar 34,54 persen lebih baik dari Papua, Aceh, Maluku, Maluku Utara, Sulteng dan Sultra.

Mahyeldi mengatakan hal itu merupakan bukti keseriusan pemerintahan daerah bersama dengan Polda dan Korem 032  Wirabraja dalam upaya untuk segera mencapai herd immunity di Sumbar.

“Kita yakin dengan upaya dan kerja sama dari berbagai pihak capaian vaksinasi di Sumbar akan naik secara signifikan,” ujarnya.

Sementara itu Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra mengatakan antusiasme masyarakat Sumbar yang terlihat dalam gerakan Sumdarsin tersebut mematahkan anggapan bahwa masyarakat tidak mendukung vaksinasi. Bukan hanya di Kota Padang, tetap masyarakat juga antusias di 18 kabupaten/kota lainnya yang terpantau secara virtual.

“Rangkaian kegiatan Sumdarsin ini direncanakan akan melaksanakan 5 kali vaksinasi yang akan dipusatkan pada beberapa tempat. Jika dalam satu kali pelaksanaan bisa 100 ribu orang maka dalam lima kali capaiannya akan sangat signifikan,” ujarnya.

Ia yakin pada akhir tahun peringkat capaian vaksinasi di Sumbar bisa menembus 10 besar tertinggi nasional bahkan lebih baik lagi.

Baca juga: Setelah Mal dan Minimarket, Kini Pengunjung Objek Wisata di Sumbar Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Ikut hadir dalam kegiatan itu Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada, kepala OPD Sumbar, sejumlah tokoh masyarakat serta ribuan orang masyarakat. Dalam kegiatan itu juga diserahkan bantuan sosial dan door prize bagi masyarakat yang divaksin. (*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist