Kinerja Pemerintah Bidang Infrastruktur Cukup Baik, Pemberantasan Korupsi dan Penanganan Pandemi Buruk

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah di masa pandemi Covid-19 ini ternyata masih cukup baik. Berdasarkan survei Sepktrum Politika Institut, angka kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah ini mencapai 65,3%.

Survei ini diadakan pada 5-17 Juli 2021 lalu, melibatkan 1.240 orang responden di 34 provinsi yang diwawancarai langsung dengan margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Dalam survei ini sejumlah pertanyaan diajukan kepada responden, terutama mengenai kepuasan masyarakat terkait dengan kinerja pemerintah di berbagai bidang.

Dari survei itu terungkap, sebanyak 32,3% menyatakan tidak puas dan sebanyak 2,4% tidak memberikan penilain.

“Angka kepuasan ini masih moderat karena rata-rata penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintah ini masih cukup tinggi dan tentu ini menjadi tantangan pemerintah untuk terus meningkatkan kinerjanya ke depan,” ungkap Direktur Data dan Riset, Spektrum Politika Institut, Andri Rusta, melalui keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Kamis (19/8/2021).

Ia menyebutkan, memang ada kinerja pemerintah di beberapa bidang yang angka kepuasan masyarakat masih rendah seperti bidang politik, hukum dan keamanan yang mencapai 54,3%. Begitu juga di bidang ekonomi, kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah hanya mencapai 53,3%.

Sedangkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah di bidang sosial mencapai angka 68% dan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah di bidang pendidikan mencapai 60%.

Kinerja pemerintah yang mendapat angka kepuasan cukup tinggi adalah di bidang infrastruktur yang menjadi program utama pemerintah. Angka kepuasan masyarakat terhadap[ kinerja pemerintah di bidang ini mencapai angka 72,7%.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Sistem OSS Tak Kebiri Kewenangan Daerah, Mahyeldi Berharap Ekonomi Sumbar Meningkat

“Walaupun begitu, kepuasan masyarakat terkait kebijakan pemerintah dalam pemberantasan korupsi ternyata sangatrendah, hanya 48%. Begitu juga dengan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dalam penanganan Covid-19 yang hanya mencapai 57,8%,” kata Andri. (*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist