Ketua FKUB Padang Tegaskan Pendirian Rumah Ibadah harus Sesuai PBM 2 Menteri

Ketua FKUB Padang Tegaskan Pendirian Rumah Ibadah harus Sesuai PBM 2 Menteri

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang, Salmadanis. [Foto: Dok. Dikominfo Padang]

Padang, Padangkita.com Kebebasan beragama merupakan hak asasi manusia (HAM). Di Indonesia, UUD 1945 Pasal 28E telah menjamin bahwa setiap orang bebas memeluk agama dan beribadah menurut agamanya tersebut.

Namun, dalam mendirikan rumah ibadah tetap harus sesuai aturan, meskipun setiap pemeluk agama berhak untuk mendirikannya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang, Salmadanis menyampaikan, pendirian rumah ibadah mesti mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor 8 dan 9 Tahun 2006 tentang Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Pendirian Rumah Ibadah, atau dikenal juga dengan PBM 2 Menteri tentang rumah ibadah.

Salmadanis menyebut dalam mendirikan rumah ibadah harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis bangunan gedung. Selain itu, ada juga persyaratan khusus yang harus dipenuhi terkait rumah ibadah yang akan didirikan.

"Harus ada izin Ketua RT, RW, izin dari masjid terdekat (minimal 3 masjid atau satu musala), lurah, Kantor Urusan Agama (KUA), camat, Kemenag," kata Salmadanis, Selasa, (5/9/2023).

Tak hanya itu, ia menjelaskan juga harus ada rekomendasi dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kepada Wali Kota/Bupati.

"Selain itu juga harus ada dukungan (tanda tangan) sebanyak 60 orang, di mana rumah ibadah itu didirikan, ada 90 orang yang siap menjadi jemaah pada rumah ibadah tersebut, sertifikat tanah dan surat izin pembangunan dari tata kota pemerintahan," jelas Salmadanis.

Salmadanis juga meluruskan terkait video dugaan aksi pelarangan beribadah umat beragama non-muslim di Banuaran, Lubuk Begalung beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Tanggapan FKUB Sumbar soal Indeks Toleransi Kota Padang dan Pariaman Terendah   

"Menindaklanjuti kasus kemarin, sebagai Ketua FKUB tentu ingin warga Kota Padang hidup berdampingan dengan damai. Rumah kontrakan tidak bisa dijadikan rumah ibadah, sebab semua itu sudah ada aturan dan regulasi," kata Salmadanis. [*/pkt]

Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Iklan

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Padangkita.com tidak terlibat dalam pembuatan konten ini.

Baca Juga

MUI Tolak Usul Kepala BNPT soal Rencana Pemerintah Kontrol Rumah Ibadah
MUI Tolak Usul Kepala BNPT soal Rencana Pemerintah Kontrol Rumah Ibadah
Pariaman, Padangkita.com - Kota Pariaman mulai menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hari ini.
PPKM Mikro di Padang, Wako Hendri Septa: Tak Ada Larangan Ibadah di Rumah Ibadah Asal Prokes Ketat
Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Musala Taufik baru memiliki pengeras suara tahun 2021 sejak didirikan 1970 silam.
Berdiri Sejak Tahun 1970, Musala Taufik di Pasar Ambacang Baru Punya Pengeras Suara pada 2021
Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Ratusan polisi bersenjata lengkap dan berpakaian bebas amankan Gereja di Kota Padang.
Polisi Penjinak Bom Amankan Sejumlah Gereja di Padang Saat Malam Misa Paskah
Pemko Pariaman dan Kadin Indonesia Jalin Kerja Sama tentang Pemagangan
Pemko Pariaman dan Kadin Indonesia Jalin Kerja Sama tentang Pemagangan
Dinas Pendidikan Kota Padang Larang Siswa Bawa Kendaraan Bermotor, Rokok, Narkoba, dan Senjata Tajam
Dinas Pendidikan Kota Padang Larang Siswa Bawa Kendaraan Bermotor, Rokok, Narkoba, dan Senjata Tajam