Ketika Polisi Mengantar Langsung Bantuan ke Rumah Warga Tidak Mampu di Pesisir Selatan

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com – Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan (Pessel), AKP Gusfriandi bergerak “door to door” membantu masyarakat menyalurkan bantuan sosial (bansos).

Bantuan diutamakan untuk masyarakat kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Sejumlah paket sembako berupa beras, mi instan dan telur yang telah disiapkan langsung diantar hingga ke pintu rumah warga.

Dari pantauan Padangkita.com, Kamis (22/7/2021), Kasat Binmas Polres Pessel, AKP Gusfriandi mengantarkan bantuan tersebut kepada sejumlah warga lanjut usia atau lansia di Kampung Muaro, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai.

“Bansos ini langsung kami antar ke rumah masyarakat, sesuai dengan sasaran yang kami tetapkan. Semoga, sedikit bantuan yang kita salurkan dapat meringankan beban warga di tengah sulitnya ekonomi,” jelasnya.

Di Kampung Muaro Painan Selatan, Gusfriandi mengunjungi rumah nenek-nenek yang sudah lumpuh dan tidak bisa beraktivitas banyak.

Di antaranya ke rumah Rosna, 76 tahun dan Yansasmi, 80 tahun. Mendengar curhatan para lansia penerima bantuan, Gusfriandi ikut terharu. Apalagi melihat kondisi nenek Rosna yang tinggal sebatang kara.

Rosna hidup sendirian di rumah tanpa anak-anaknya. Dalam keseharian pun kerap dibantu tetangga. Tak banyak yang bisa diperbuat di tengah kondisi usia-nya yang sudah menua.

Di sebuah rumah semi permanen yang ditempati itu, terlihat nenek Rosna memegang dinding dan menggerakkan kaki yang tak bisa berdiri kokoh.

“Mokasih banyak-banyak yo Pak Polisi. Batambah juo lah rasaki ndaknyo dan berkah,” ucap Rosna sambil menjunjung ke dua tangan mengucapkan terima kasih kepada Kasat Binmas Polres Pessel.

Begitupun di rumah nenek lansia Yansasmi. Kakinya yang lumpuh sejak dua tahun lalu, belum kunjung sembuh. Agar dapat bergerak lebih mudah, Yansasmi berharap bantuan kursi roda.

“Ndak kuek amak tagak dooh (emak tidak kuat berdiri) kalau bisa bantu jo kursi roda (kalau bisa bantu dengan kursi roda),” pintanya.

Sementara, Gusfriandi menyerahkan dua karung beras dan paket sembako lainnya di rumah nenek tersebut. Dia turut mendoakan agar penyakit yang diderita Yansasmi segera sembuh dan mendapatkan bantuan kursi roda dari dermawan lainnya.

Sebelumnya, program berbagi sembako tersebut telah diluncurkan secara simbolis oleh Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, Jum’at (17/7/2021). Untuk tahap awal, Kapolres menyebutkan jumlah paket sembako yang diserahkan sebanyak 1.000 paket.

Bantuan disalurkan tidak hanya kepada masyarakat yang kurang mampu melainkan juga ke sejumlah pedagang dan warga yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Polres Pessel Bagikan Paket Sembako untuk Warga Terdampak Pandemi Corona

“Dengan adanya bantuan sembako ini paling tidak dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Kegiatan penyerahan sembako itu akan dilakukan secara berkelanjutan,” katanya. (nik/pkt)

Terpopuler