Kerja Sama Indonesia – China Dipastikan Semakin Erat  

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang memastikan kerja sama antara China dan Indonesia akan semakin kokoh dalam berbagai bidang pada 2023.

“Hubungan China dan Indonesia berkembang sangat baik pada 2022, khususnya di paruh kedua, ketika kedua kepala negara saling berkunjung,” kata Lu Kang dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar China, Minggu (15/1/2023).

Pada Juli 2022, Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke China dan pada November 2022, Presiden Xi Jinping datang ke Indonesia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Pada waktu itu, Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Presiden Xi Jinping selepas Kongres Nasional Partai Komunis China ke-20. Bahkan, video ucapan Tahun Baru 2023 Presiden Xi Jinping berlatar belakang rak buku yang memajang potret kerjanya ketika menghadiri KTT G20 di Bali.

“Ini menunjukkan bahwa kunjungan tersebut sangat penting dan berarti,” kata Lu Kang.

China adalah mitra dagang terbesar bagi Indonesia, memasok banyak produk berkualitas sekaligus menjadi tujuan pasar ekspor terbesar Indonesia.

Kerja sama di bidang kesehatan meliputi penyediaan vaksin Covid-19, dan China mendukung Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki basis produksi vaksin mRNA.

Di bidang transportasi, kedua negara sukses menggelar uji coba pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung yang memangkas durasi perjalanan dari tiga jam menjadi hanya beberapa puluh menit saja.

Sementara itu, lebih dari 300 unit mobil listrik Wuling sukses mendukung Indonesia mengurangi emisi karbon hingga 33 ton selama pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Kedutaan Besar China juga terus mengoptimalkan kebijakan visanya untuk mendukung pemulihan aktivitas perekonomian kedua negara, dan menerbitkan visa agar ribuan mahasiswa Indonesia dapat menempuh pendidikan di China.

Mengutip pidato Presiden Xi Jinping dalam Kongres Nasional Partai Komunis China ke-20, Lu Kang berpesan agar generasi muda kedua negara memiliki tekad yang kuat dan terus berjuang meraih cita-cita dalam menghadapi tahun baru ini.

“Selamat tahun baru, saya mengharapkan kesehatan untuk kita semua, kebahagiaan untuk Anda dan keluarga, serta kesuksesan dalam studi dan karier di tahun yang baru ini,” katanya.

Baca juga: Soal Resesi dan Potensi Ekonomi 2023 Sumbar, Ini Kata Pakar

Sementara itu, perayaan Tahun Baru Imlek di Jakarta pada Sabtu (14/1/2023) dihadiri oleh hampir 200 orang dari beragam bidang, serta menampilkan kolaborasi kesenian kedua negara oleh pemuda China dan Indonesia. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist