Keren, Kota Pariaman Kini Punya Pojok Baca Digital

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Kabar gembira bagi masyarakat, pasalnya Kota Pariaman kini punya Pojok Baca Digital (POCADI) yang merupakan hibah/bantuan dari Perpustakaan Nasional

Bertempat di lantai II Balaikota Pariaman, POCADI diresmikan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), M. Syarif Bando pada Rabu (28/12/2022).

“POCADI merupakan tempat baca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (e-book). Koleksi e-book yang ada di sini berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten iPusnas, yang dapat diunduh mengunakan aplikasi play store,” ujar M. Syarif Bando

Lebih lanjut orang nomor satu di Perpusnas ini mengatakan, POCADI, adalah program terbaru dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, yang diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat khususnya bagi anak sekolah, dan mahasiswa.

“Tersedianya bahan bacaan berbentuk cetak dan elektronik, diharapkan dapat memacu minat masyarakat untuk gemar membaca sekaligus meningkatkan literasi baca tulis dan digital.,” sambungnya.

Ia menambahkan, perpustakaan mempunyai peran strategis dalam membangun literasi masyarakat sebagai lembaga penyedia informasi.

“Selain itu, POCADI dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional dengan gagasan untuk memudahkan akses informasi. Prinsip dasar perluasan POCADI, yaitu memperluas layanan perpustakaan agar dapat dinikmati di pusat-pusat kegiatan masyarakat, mempunyai konten/koleksi yang dirancang sesuai kebutuhan penggunanya, berbasis teknologi digital dan konten bahan bacaan yang beragam dan menarik,” tutupnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perpusnas dan jajaran yang datang langsung untuk melakukan berbagai kegiatan di Kota Pariaman.

“Kami merasa bangga, karena POCADI Kota Pariaman ini, diresmikan langsung oleh Pak Kepala Perpusnas, M. Syarif Bando, dan kami akan manfaatkan POCADI ini, dalam peningkatan SDM masyarakat Kota Pariaman, dan menggencarkan literasi untuk masyarakat umum,” ungkapnya.

Baca JugaGenius Umar Targetkan Tiap Tahun 10 Anak Pariaman Dikuliahkan di Poltekpel Sumbar

POCADI di Balaikota Pariaman ini, dilengkapi dengan berbagai perangkat pop up dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi e-book, audio dan video yang direkomendasi pada banner yang tersedia. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist