Kejar Target Vaksinasi di Desa, Genius Umar: Silakan Gunakan Anggaran Covid-19 8 Persen

Penulis: Zulfikar Efendi

Pariaman, Padangkita.com – Upaya mencapai angka vaksinasi dan mempercepat tercapainya Herd Immunity (Imunitas Masyarakat) di Kota Pariaman, Wali Kota (Wako) Genius Umar mengimbau pemerintah desa secara mandiri melaksanakan vaksinasi di tingkat desa.

“Saya mengimbau kepada semua desa untuk mendukung pelaksanaan gebyar vaksin di desa. Desa dapat menggunakan anggaran 8 persen untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi di tingkat desa tersebut,” ujar Genius Umar, Selasa (7/12/2021).

Dikatakan Genius, selain mendapatkan vaksin secara gratis, masyarakat juga bisa mendapatkan sembako jika mau divaskin.

“Target vaksinasi perhari itu sebanyak 200 orang, masyarakat yang vaksin juga akan mendapat sembako setelah divaksin,” ungkapnya.

Genius juga mengeklaim, bahwa capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Pariaman sudah cukup tinggi, dan hal itu menandakan sudah tingginya kesadaran masyarakat untuk divaksin.

Lalu, Genius Umar mengintruksikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kota Pariaman secara masif mengimbau masyarakat untuk divaksin.

Menanggapi hal itu, Kepala DPMDes Kota Pariaman, Hendri mengatakan, terkait instruksi wali kota tersebut, pihaknya mengaku telah menyebar surat imbauan ke masing-masing desa.

“Sebenarnya surat imbauan ke desa-desa sudah lama kita edarkan, kita akan tindaklanjuti dengan surat penegasan kembali,” ujarnya.

Dikatakan Hendri, bahwa saat ini di desa-desa sedang digencarkan gebyar vaksinasi, dengan melibatkan tenaga kesehatan (Satgas Covid-19 Kota Pariaman).

Minggu ini, lanjut Hendri, gebyar vaksinasi dijadwalkan di Kecamatan Pariaman Utara.

Kemudian, Hendri juga meminta Tim Satgas Desa Aman Covid-19 untuk mendata masyarakat yang belum divaksin.

Baca juga: Sejumlah Dirjen Kementan dan Komisi IV DPR RI Bakal “Kuliti” Program Kerja Kota Pariaman

“Terkait pembiayaan pelaksanaan kegiatan tersebut menggunakan anggaran Covid-19 8 persen yang digunakan untuk transportasi petugas pendataan,” katanya. [zfk]

Terpopuler

Add New Playlist