Kebakaran di Bukit Selayang Pandang Pesisir Selatan Meluas ke Pinggir Jalan

Penulis: Redaksi

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kebakaran di bukit Selayang Pandang, Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan (Pessel), meluas hingga ke pinggir jalan.

Painan, Padangkita.com – Kebakaran di bukit Selayang Pandang, Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan (Pessel), meluas hingga ke pinggir jalan. Tim gabungan pemadam kebakaran pun harus bertindak cepat.

Berdasarkan pantauan Padangkita.com, Minggu (21/2/2021) tim pemadam tiba di lokasi sekitar pukul 15.35 WIB. Sebanyak 10 orang personel gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol PP dan Damkar kembali berjibaku memanjat area bukit yang menjadi pusat kebakaran.

Sekitar 25 menit menyemprotkan air ke titik api, lahan yang terbakar berhasil dipadamkan. Tim pemadam dengan sigap mengamankan area sekitar permukiman warga.

Sekitar pukul 16.01 WIB, mobil tangki pemadam kebakaran yang sebelumnya berisi 5.000 liter air langsung habis disemprotkan.

“Untuk sementara, api dekat area jalan dan permukiman warga sudah berhasil kita padamkan. Namun kita akan coba menyemprotkan kembali ke arah atas bukit. Untuk memastikan api sudah betul-betul padam, saat ini, tim sedang mengisi ulang kembali air ke mobil tangki Damkar,” jelas Alex salah seorang petugas pemadam di lapangan.

Sementara, Kapolsek Bayang Iptu Gusdianto mengatakan, penyebab kebakaran hari ini kuat dugaan sisa api dari kebakaran lahan yang terjadi Sabtu (20/2/2021) kemarin.

Kata Gusdianto, sumber api kebakaran pertama diduga percikan api rokok, karena cuaca panas dan berangin, dengan cepat api mengobar.

“Namun untuk antisipasi awal, kita bersama-sama dengan warga dibantu Koramil 06 Bayang dan anggota polisi setempat sudah mengevakuasi perabotan pemilik rumah dekat bukit ini,” kata Gusdianto.

Hal itu dilakukan sebagai upaya penyelamatan pertama mencegah dampak buruk lainnya.

Selanjutnya, pada pukul 16.37 WIB, tim gabungan kembali melanjutkan upaya pemadaman ke area atas bukit Selayang Pandang. Hingga berita ini dirampungkan pukul 17.02 WIB, tim masih di lokasi untuk memadamkan sisa-sisa api di atas bukit. [nik/pkt]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist