Kasus Positif Covid-19 di Pasaman Barat Terus Bertambah, Kini Jadi 469 Orang

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pasaman Barat terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) terbaru: Jumlah pasien positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) masih terus bertambah.

Simpang Empat, Padangkita.com – Jumlah pasien positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) masih terus bertambah. Hingga hari ini, Jumat (15/1/2021) total kasus positif Covid-19 yang ditemukan di daerah itu telah mencapai 469 orang.

Jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 469 orang itu sudah termasuk penambahan kasus positif sebanyak empat orang hari ini.

Meskipun demikian, untuk jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh di Pasbar juga terus meningkat. Hari ini bertambah sebanyak lima orang.

Dengan demikian, maka total pasien positif Covid-19 yang sembuh di Pasabar telah mencapai 412 orang.

Lalu, untuk pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Pasbar hingga saat ini tercatat sebanyak 30 orang. Jadi, untuk kasus positif Covid-19 aktif di daerah itu yaitu sebanyak 27 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Gina Alecia mengatakan, empat kasus positif Covid-19 yang ditemukan hari ini merupakan hasil pemeriksaan labor Unand Nomor: 933/01/PDRPI-FK/2021 tertanggal 15 Januari 2021 terhadap hasil swab yang dilaksanakan di RSUD Pasaman Barat pada tanggal 13 Januari 2021.

“Ada tiga kasus positif Covid-19 berdasarkan hasil laboratorium tersebut, itu merupakan hasil dari pengambilan Swab di RSUD Pasbar,” ujar Gina kepada awak media di Simpang Empat, Kamis (15/1/2021).

Lalu, untuk satu kasus positif lagi, jelas Gina, merupakan pasien yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Stroke Nasional (RSSN) Bukittinggi dan merupakan pasien suspek.

Berikut penambahan kasus positif Covid-19 di Pasaman Barat hari ini:

  • Laki-laki berinisial A, 56 tahun, warga Jorong Padang Halaban, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia dan merupakan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya.
  • Perempuan berinisial M, 59 tahun, warga Jorong Padang Halaban, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia dan merupakan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya.
  • Laki-laki berinisial SA, 24 tahun, warga Jorong Padang Halaban, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia dan merupakan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya.
  • Perempuan berinisial A, 50 tahun warga Jorong Silawai Tengah, Kecamatan Sungai Beremas dan juga merupakan pasien suspek Covid-19 dan dirawat di RSSN Bukittinggi.

“Pasien DA ini tes swab tanggal 14 Januari 2021 dan dinyatakan positif berdasarkan hasil tes yang keluar hari ini,” ungkap Gina.

Lebih lanjut, jelas Gina, untuk penambahan tiga pasien positif Covid-19 yang berada di Pasbar, mereka sudah menjalani pemeriksaan lanjutan di RSUD Pasbar.

Kemudian, direncanakan mereka akan diisolasi di UPT Diklat BKPSDM Talu. “Saat ini juga telah dilaksanakan langkah cepat proses tracking untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat,” tegas Gina.

Terkait masih adanya penambahan kasus positif Covid-19, Gina mengajak seluruh masyarakat Pasbar, untuk saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan Covid-19 ini dengan selalu bersikap kooperatif serta selalu bersikap tenang.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 Meninggal Dunia Bertambah 6 Orang, Paling Banyak di Pasaman Barat

“Kami mohon dukungan seluruh masyarakat untuk selalu bahu-membahu membasmi penyebaran Covid-19 di Bumi Mekar Tuah Basamo dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19, seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan,” kata Gina. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist