Kasus Positif Covid-19 di Kota Padang Meningkat, 11 Kecamatan Terpapar

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kasus Covid-19 di Kota Padang kembali meningkat

Padang, Padangkita.com – Kasus Covid-19 di Kota Padang kembali meningkat. Hal tersebut menyebabkan Kota Padang kembali ke zona oranye setelah beberapa bulan bertahan di zona kuning Covid-19.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang membeberkan sejumlah faktor dan cara mencari tahu titik lemah penularan penyakit tersebut, salah satunya dari 15 indikator penilaian epidemiologis yang berada pada nilai 2,33 dengan risiko sedang, sehingga penularan Covid-19 berada pada zona oranye.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Padang, Feri Mulyani Hamid mengeklaim bahwa kenaikan pasien positif Covid-19 lantaran pihaknya terus bekerja mencari tahu orang tanpa gejala (OTG), meskipun resikonya status Kota Padang kembali ke zona oranye.

“Kami melakukan upaya pengendalian dengan melakukan tracing dan testing yang masif. Peningkatan kasus positif Covid-19 di Kota Padang berasal dari sekolah Islamic Boarding School Ar-Risalah,” katanya dalam rilis yang diterima Padangkita.com, Kamis (29/4/2021).

Dia mengatakan, sekitar 1.500 orang di pesantren itu dilakukan tes swab. Pada tahap awal, pihaknya memeriksa sebanyak 614 orang dengan hasil 122 peserta didik dan tiga pengajar positif Covid-19.

“Lonjakan kasus itu hanya terpusat di sekolah tersebut dan tidak menyebar ke masyarakat,” ulasnya.

Kasus di Semua Kecamatan

Selain itu, Feri Mulyani mengungkapkan bahwa 11 kecamatan yang ada di Kota Padang sudah terpapar Covid-19, pasca salah seorang pegawai di Dinas Kelautan yang berdomisili di Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) positif Corona.

“Selama empat bulan terakhir (Bungtekab) bebas dari penularan Covid-19, namun pada bulan April 2021 ini, di Kecamatan ini terdapat kasus positif,” katanya.

Meskipun seluruh kecamatan di Kota Padang terpapar Covid-19, terdapat satu kelurahan yang masih berada di Bungtekab yang belum pernah terkonfirmasi penyakit tersebut dan 15 kelurahan di Kota Padang yang sudah bersih corona

Ke-15 kelurahan itu di antaranya, Kelurahan Pasa Gadang, Koto Pulai, Kampung Jua, Seberang Palinggam, Alang Laweh, Kampung Pondok, Teluk Bayur, Olo, Bungus Selatan, Air Manis, Beringin, Tanjuang Aua, Bukit Gado-Gado, Tarantang dan Teluk Kabung Tengah.

“Kelurahan-kelurahan itu saat sekarang ini kasus positif Covid-19- nya sudah nol. Sementara kelurahan lain kasusnya masih ada,” ungkapnya.

Titik Lemah Rawan Terpapar Covid-19

Perempuan berkaca mata tersebut mengungkapkan sejumlah penyebab dan faktor seorang manusia bisa dan rawan terpapar virus Covid-19, salah satunya abai terhadap protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Titik lemahnya disana, terlebih ketika berada di rumah, kita cenderung lupa akan (prokes) itu dan merasa tak perlu mandi dan sebagainya,” ujarnya.

Selain malas mandi, katanya, ketika berkumpul dengan keluarga atau orang lain merasa enggan dan jenuh bermasker.

“Seperti berfoto bersama, buka bersama, masker dilepas sehingga cipratan air liur (droplet) beterbangan kemana-mana,” ucapnya.

Baca Juga: Januari-Maret 2021, Inflasi di Kota Padang di Bawah Satu Persen

Dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak abai dengan prokes, seperti tetap menggunakan masker sebagai benteng pertahanan diri,” imbuhnya. [abe]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler