Januari-Maret 2021, Inflasi di Kota Padang di Bawah Satu Persen

Penulis: Ramono Aryo

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemko Padang menyatakan angka inflasi pada Januari di bawah satu persen

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang menyatakan angka inflasi pada Januari sampai Maret 2021 berada di level 0,12 persen, 0,38 persen dan 0,31 persen atau belum menyentuh angka satu persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul mengatakan pengendalian inflasi merupakan hal penting, karena jika inflasi tidak terkendali maka akan berdampak pada ketimpangan ekonomi secara umum.

Untuk itu ia meminta kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang untuk mampu mengendalikan inflasi dengan menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan serta kelancaran pendistribusian barang pangan strategis pada akhir Ramadan dan pascalebaran.

“Dari data yang didapat, angka inflasi pada Januari sampai Maret 2021 berada di level yang sangat rendah yaitu berurut pada angka 0,12 persen, 0,38 persen dan 0,31 persen atau dengan kata lain belum menyentuh di level 1 persen. Bahkan di Februari malah terjadi deflasi sebesar 0,38 persen,” katanya didampingi Kepala Bagian Perekonomian dan SDM Syahendri Barkah, Rabu (Rabu (28/4/2021).

Lebih jauh ia berharap TPID Kota Padang beserta OPD terkait dan stakeholder terkait lainnya saling bersinergi dalam menjaga inflasi di Kota Padang khususnya selama Ramadan hingga pascalebaran.

“Mari kita bersama-sama sesuai tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan yang cenderung tak terkendali setiap menjelang Lebaran. Semoga TPID Kota Padang dapat melakukannya secara baik,” harap Sekda.

Baca Juga: Inflasi Maret 2021 di Sumbar 0,31 Persen, Paling Dipengaruhi Kota Padang dan Bukittinggi

Menurutnya, beberapa hal yang mesti diperhatikan agar harga-harga barang kebutuhan pangan strategis tidak merangkak naik. Selain itu, pedagang dan warga diminta tidak menjadi spekulan atau menimbun barang, tidak terpancing isu tentang kelangkaan barang, memperbanyak ibadah bukan belanja dan berbelanja sesuai kebutuhan bukan kemauan. [*/abe]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler