Kasus Covid-19 India Tembus Angka 379 Ribu Per Hari, 3.645 Diantaranya Meninggal

Penulis: Redaksi

Padangkita.com – Kasus terkonfirmasi Covid-19 di India belum menunjukan penurunan, bahkan pada Kamis (29/4/2021) kembali memecahkan rekor sebelumnya.

Dilansir dari AFP, kasus Covid-19 terbaru di India menembus angka 379 ribu dengan 3.645 diantaranya meninggal dunia. Angka ini pun diduga masih jauh dari kondisi sebenarnya.

Berdasarkan data worldometers, kasus Covid-19 di India adalah terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Kasus di Amerika sendiri mencapai 33 juta orang sedangkan di India telah mencapai 18,7 orang.

Sedangkan untuk angka kematian Covid-19 di India berada di peringkat empat di bawah Amerika, Brasil dan Meksiko. Adapun rinciannya adalah AS 589 ribu kematian, Brasil 401 ribu kematian, dan Meksiko 215 ribu kematian, sedangkan India baru mencapai 208 ribu kematian.

AFP menjelaskan, rumah sakit di berbagai kota di India sudah kehabisan tempat tidur lalu terdapat kerumunan kerabat pasien berdesak-desakan untuk mendapatkan obat dan tabung oksigen.

Berbagai tempat seperti ruang parkir dijadikan lokasi dadakan untuk melakukan kremasi jasad. Sedangkan penggali kubur bekerja 24 jam karena kasus kematian terus melonjak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahwa meringankan penanganan Covid-19 bisa menimbulkan badai kasus baru seperti di India.

Baca Juga: Pecah Rekor, Kasus Covid-19 di India Tembus 300 Ribu Kasus Per Hari

“Saat penanganan proteksi personal dilonggarkan, ketika ada kumpulan massa, maka ada lebih banyak varian menular dan cakupan vaksinasi yang masih rendah dapat membuat badai seperti ini di manapun,” kata Kepala WHO Eropa Hans Kluge. [*/abe]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler