Kasus Covid-19 di Sumbar Makin Mengkhawatirkan, Kasus Harian Bertambah di Atas 100, Pasien Meninggal Meningkat

Penulis: MF Zikri
|
Editor: Ramono Aryo

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) makin mengkhawatirkan

Padang, Padangkita.com – Penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) makin mengkhawatirkan. Selain pertambahan kasus yang terus di atas seratus orang, jumlah pasien yang meninggal dunia juga bertambah tiap hari. Hari ini (15/9/2020), kasus Covid-19 bertambah 129 orang, dan pasien yang meninggal dunia juga bertambah lima orang.

Gugus Tugas Covid-19 Sumbar melaporkan total kasus Covid-19 sampai hari ini telah mencapai 3.631 orang. Sementara dengan tambahan lima pasien yang meninggal hari ini, totalnya menjadi 79 orang atau 2,18 persen dari total kasus. Pasien yang sembuh bertambah 94 orang, sehingga totalnya menjadi 1.898 orang atau 52,27 persen.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal menyebutkan tambahan kasus hari ini berasal dari sembilan daerah. Paling banyak dari Kota Padang 63 orang, lalu Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) 24 orang, Kabupaten Agam 17 orang, dan Kabupaten Padang Pariaman 11 orang.

Berikutnya dari Kota Bukittinggi 7 orang, Kabupaten Limapuluh Kota 3 orang, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) 2 orang, Kabupaten Tanah Datar 1 orang, dan Kabupaten Solok 1 orang.

Pasien yang sembuh berasal dari 11 daerah, paling banyak dari Kabupaten Padang Pariaman 44 orang, lalu Kota Padang 20 orang, Kota Pariaman 17 orang, dan Kabupaten Agam 4 orang. Berikutnya dari Kabupaten Sijunjung 2 orang, Kabupaten Dharmasraya 2 orang, Kota Bukittinggi 1 orang, Kabupaten Pasaman 1 orang, Kabupaten Limapulukh Kota 1 orang, Kabupaten Solok 1 orang, dan Kabupaten Tanah Datar 1 orang.

Baca Juga: Lebih 60 Dokter di Sumbar Terinfeksi Covid-19, Sebanyak 20 Dokter Masih Karantina

Sementara itu, lima pasien yang meninggal dunia semuanya berasal dari Kota Padang. Pertama, wanita, 63 tahun, warga Ulak Karang Selatan, ibu rumah tangga, diduga terpapar Covid-19 dari pengobatan di rumah sakit. Kedua, pria, 72 tahun, warga Gunung Sariak, pensiunan, pasien RS Unand.

Ketiga, wanita, 68 tahun, warga Bandar Buat, ibu rumah tangga, diduga terpapar dari aktivitas, pasien RST Reksodiwiryo. Warga Batuang Taba, pasien RSUP Dr. M. Djamil. Kelima, warga Purus, pensiunan, pasien RSUP Dr. M. Djamil.

Tambahan kasus positif dan pasien sembuh (negatif) hari ini, berdasarkan pemeriksaan 2.383 sampel spesimen oleh tim Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand), Padang dan Laboratorium Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, Agam.

Total jumlah spesimen yang telah diperiksa di Sumbar sampai hari ini sebanyak 155.463 sampel, dan jumlah orang yang diperiksa sebanyak 129.680 orang.

Secara keseluruhan, positivity rate (PR) Sumbar 2,79 persen. Kasus suspek tercatat sebanyak 289 orang, dirawat sebanyak 61 orang, dan isolasi mandiri sebanyak 228 orang. [*/pkt]


Baca berita Padang terbaru dan Berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.