Kapolri dan Panglima TNI Dijadwalkan ke Sumbar Besok, Untuk Pantau Penanganan Covid-19

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dijadwalkan bakal berkunjung ke Sumatra Barat (Sumbar) besok, Jumat (13/8/2021).

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto. “Iya benar, Jumat informasinya (kunjungannya), rencana begitu tapi belum pasti,” ujarnya ketika dikonfirmasi Padangkita.com, Kamis (12/8/2021) siang.

Satake menyebutkan, Kapolri dan Panglima TNI ke Sumbar untuk memantau bagaimana penanganan Covid-19. Namun, soal detail jadwal dan agenda Kapolri bersama Panglima TNI Sumbar, kata Satake, masih menunggu.

Sebelumnya, Wakapolri Komjen Polisi Gatot Eddy juga melakukan kunjungan kerja ke Sumbar pada Selasa (3/8/2021) hingga Rabu (4/8/2021) lalu.

Di Sumbar, polisi berpangkat bintang tiga itu memantau sejumlah tempat isolasi mandiri, proses vaksinasi massal, hingga membagikan dan menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat.

Diketahui, pekan lalu Presiden Joko Widodo atau Jokowi memang menyorot Sumbar bersama 4 provinsi lain di luar Jawa-Bali, karena lonjakan kasus Covid-19. Sumbar bersama Sumatra Utara (Sumut), Riau, Kalimantan Timur (Kaltim), dan Papua, menurut Presiden perlu ditangani khusus.

Presiden Jokowi meminta Kapolri dan Panglima TNI memastikan jajaran di bawahnya bekerja membantu penanggulangan Covid-19 yang melonjak tajam di 5 provinsi tersebut.

Berbagai bantuan alat kesehatan dan obat-obatan termasuk vaksin telah dipasok ke Sumbar. Namun, dalam beberapa hari terakhir, kasus harian Covid-19 di Sumbar masih tetap tinggi. Kasus Covid-19 tidak hanya melonjak di Kota Padang, Ibu Kota Sumbar, tetapi juga terjadi di seluruh kabupaten/kota.

Di Sumbar, Kota Padang telah ditetapkan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Sementara di 18 kabupaten/kota lainnya, menerapkan PPKM level 3.

Laporan terbaru Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Sumbar, Rabu (11/8/2021), kasus Covid-19 bertambah 630 orang. Secara kumulatif, jumlah total kasus Covid-19 di Sumbar telah mencapai 79.580 orang.

Baca juga: Gara-gara Ketiadaan Oksigen, Keluarga Pasien Covid-19 Cekcok dengan Pihak Rumah Sakit di Solok

Sementara itu pasien Covid-19 yang telah sembuh sebanyak 64.289 orang. Pasien Covid-19 yang meninggal dunia 1.718 orang. Kasus aktif atau pasien Covid-19 yang masih dirawat dan isolasi mandiri sebanyak 13.576 orang. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist