Kapolda Sumbar Serahkan Benda Pusaka Raja-raja Minangkabau, Diperkirakan Berusia 500 Tahun

Penulis: Isran Bastian

Tanah Datar, Padangkita.com – Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Kapolda Sumbar), Irjen Pol Teddy Minahasa Putra menyerahkan sejumlah benda pusaka Raja-raja Minangkabau kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra.

Berlangsung di Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Jumat (1/7/2022), penyerahan benda pusaka ini disaksikan langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar Dt Nan Sati.

Terdapat 3 jenis benda pusaka yang diserahkan, yakni keris 3 buah, mahkota 2 buah dan tombak 2 buah. Diyakini, barang-barang tersebut merupakan benda pusaka yang bersejarah dan berasal lebih kurang dari 500 tahun yang lalu.

Selain penyerahan benda pusaka, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa yang bergelar Tuanku Bandaro Alam Sati didampingi istri Ny. Merthy Teddy Minahasa bergelar Puti Sibadayu Alam ini juga dilewakan gelar kehormatan adatnya oleh para Ninik Mamak.

Baca Juga: Jadi Andalan PAD Luhak Nan Tuo, Objek Wisata Istano Basa Pagaruyung Dibenahi

Selain Pejabat Utama Polda Sumbar, acara ni juga dihadiri oleh Bupati dan Wali Kota, para Kapolres, Ketua LKAAM se-Sumbar, KAN se-Tanah Datar, Penghulu, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Alim Ulama, Cadiak Pandai, dan ribuan riders yang tergabung dalam Harley Davidson Club Indonesia (HDCI). [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist