Jadi Andalan PAD Luhak Nan Tuo, Objek Wisata Istano Basa Pagaruyung Dibenahi

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar masih mengandalkan sektor pariwisata sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan sebagai sumber dana pembangunan utama di daerah itu.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian menegaskan, Pemerintah Daerah saat ini terus membenahi sarana dan prasarana pendukung di objek wisata setempat. Untuk mendukung hal tersebut, Objek wisata Istano Basa Pagaruyung masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk dikunjungi dan menjadi andalan bagi daerah yang dikenal Luhak Nan Tuo.

“Salah satu yang kita benahi yakni sarana parkir yang sudah cukup luas, dimana termasuk untuk masuk  ke istano telah menggunakan tiket elektronik,” katanya saat silaturahmi dengan generasi muda di Pagaruyung, Rabu (19/1/2022) malam.

Dia menjelaskan, Istano Basa Pagaruyung sebagai objek wisata sejarah diharapkan kedepan lebih menampilkan nuansa sejarahnya, didukung penampilan berbagai seni budaya Tanah Datar.

“Menjadikan objek ini bernuansa sejarah butuh kajian mendalam, harapannya suatu saat wisatawan ke Istano bukan hanya berkunjung saja, namun juga berwisata sambil belajar sejarah masa lalu,” ujar Richi.

Ditambahkan Richi, disinilah peranan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) diharapkan, terutama dalam melestarikan, menjaga ataupun mengembangkan potensi seni budaya di nagari masing-masing.

“Kita sangat apresiasi dan mendukung keberadaan Pokdarwis, karena kelompok inilah yang melestarikan kebudayaan di nagari masing-masing, bahkan umumnya terdiri dari generasi muda, seperti di Pokdarwis Jorong Pakarak Nagari Pagaruyung,” tukasnya.

Senada hal itu, Wali Nagari Pagaruyung Irmaidinal Dt. Magek mengatakan, selain Istano Basa Pagaruyung masih banyak potensi lain saat ini dibenahi agar mempunyai daya tarik untuk dikunjungi wisatawan.

Baca Juga : Vaksinasi Berbasis Wisata Sejarah Digelar di Nagari Pagaruyung Tanah Datar

“Kita bersama masyarakat dan Pokdarwis telah gotong royong di lokasi objek wisata lainnya di nagari ini. Kemudian juga menggelar latihan kesenian seperti randai, silek dan lainnya, sehingga ketika dibutuhkan bisa tampil,” katanya. [djp]

Terpopuler

Add New Playlist