Jelang Lebaran 2021, Bantuan Produktif Usaha Mikro untuk 15.600 Warga Pesisir Selatan Cair

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Bantuan usaha mikro untuk 16.600 warga Pesisir Selatan cair jelang lebaran 2021.

Painan, Padangkita.com – Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM sudah mulai disalurkan untuk masyarakat Pesisir Selatan (Pessel).

Banntuan itu disalurkan melalui Bank Nasional Indonesia (BNI dengan memanfaatkan Kantor Cabang Pembantu (KCP) dan mobil layanan gerak.

Kepala KCP BNI Painan, Jovial mengatakan, masyarakat Pessel yang terdata sebagai penerima manfaat BPUM sebanyak 15.600 orang. Namun, hingga hari ini, Jumat (16/4/2021) bantuan yang sudah dicairkan baru mencapai 2.000 orang.

“Kita akan terus mengoptimalkan pelayanan untuk menyalurkan bantuan BPUM ini. Dari 15.600 penerima manfaat bantuan di Pessel, BNI Painan sudah menyalurkan sekitar 2.000 orang. Sisanya, akan kita optimalkan lagi dengan menggerakan mobil layanan gerak di beberapa titik di kecamatan,” ujar Jovial.

Mobil layanan gerak BNI Painan terdiri dari beberapa unit. Mobil tersebut dioperasikan ke wilayah bagian utara dan selatan dengan jadwal atau shift yang ditetapkan. Untuk area utara meliputi kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang dan IV Jurai. Mobil operasional dipusatkan di Pasar Terminal Sago.

Sementara, untuk layanan bagi masyarakat bagian selatan meliputi Ranah Pesisir, Lengayang, Tapan, Air Haji dan Batangkapas.

“Penetapan lokasi untuk mobil layanan gerak BNI, sebagian ada di Pasar, seperti di Sago. Sedangkan yang lain ada yang di depan kantor camat. Kita atur jadwal lima hari, mulai dari Senin hingga Jumat. Selain itu, untuk layanan di KCP BNI bisa didatangi oleh masyarakat Painan dan sekitarnya,”  ungkap Jovial.

Selama penyaluran bantuan itu, Jovial meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pada sarana alat cuci tangan yang disediakan.

Guna mempercepat penyaluran BPUM itu, Jovial menargetkan, seluruh bantuan sudah disalurkan sebelum lebaran Idul Fitri 2021. Percepatan dilakukan dengan mengoptimalkan dua unit mobil operasional dan kantor cabang pembantu di Painan.

Adapun berkas yang harus dilengkapi oleh penerima manfaat bantuan, yaitu kartu tanda penduduk, buku tabungan, surat pernyataan perjanjian mutlak yang harus diisi dan ditandangani oleh penerima manfaat.

Baca juga: Gugus Tugas Covid-19 Pessel Antarkan Bantuan ke Rumah Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri

Setelah berkas lengkap, maka petugas akan melakukan verifikasi dan pencairan bantuan senilai Rp1.200.000. [nik/zfk]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler