Jelang HUT ke-76 RI, Penjual Bendera Merah Putih di Kota Padang Mulai Menjamur

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia, puluhan pedagang bendera merah putih di Kota Padang mulai menjamur. Mereka menjual bendera tersebut di berbagai ruas jalan di Kota Padang.

Iyun, salah seorang pedagang bendera, mengaku mulai berdagang sejak 28 Juli lalu.

“Saya sudah lama berjualan bendera ini. Sudah puluhan tahun. Rutin setiap tahunnya berjulan di sini,” ujar Iyun ditemui Padangkita.com di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Padang Selatan, Sabtu (31/7/2021) siang.

Pria 55 tahun itu mulai berjualan bendera merah putih sekitar pukul 08.00 pagi hingga berakhir sekitar pukul 17.00 petang. Ia berjualan setiap hari hingga perayaan HUT RI tiba, pada 17 Agustus mendatang.

Kata Iyun, ia menyediakan bendera merah putih dengan berbagai ukuran dan berbagai bentuk. Mulai dari bendera tiang dengan ukuran yang kecil hingga yang paling besar dan bendera yang paling kecil untuk dipasang di kendaraan.

Ia juga menjual bendera background atau bendera latar yang panjang, baik yang polos, maupun dengan motif seperti bergelombang dan berlambang garuda. Kemudian Iyun juga menyediakan bendera umbul-umbul atau marawa.

“Harganya untuk bendera tiang mulai dari Rp20 ribu yang kecil hingga Rp70 yang paling besar. Kalau yang untuk motor Rp5 ribu sampai Rp10 ribu. Yang bentuk panjang Rp40 ribu sampai Rp80 ribu per meter tergantung motif dan ukuran,” ulasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Indra, 60 tahun yang berjualan di Jalan Proklamasi, kawasan Tarandam Kecamatan Padang Timur. Indra bahkan sudah mulai berjualan sejak 17 Juli lalu. Tak jauh berbeda dengan Iyun, ia menjual berbagai bentuk bendera merah putih dengan harga yang sama.

“Tahun sekarang kurang ramai (pembeli). Tapi lumayan lah, sejak berjualan 17 Juli kemarin sudah jula beli hingga Rp2 juta lebih. Setiap harinya beda-beda, kadang laku kadang tidak,” ujar Indra lalu tersenyum.

Indra mengungkapkan, ia sudah berjualan di kawasan tersebut sejak 2002. Di tempat itu, jualannya selalu laris setiap harinya. Ia akan menjual bendera yang ia beli di Pasar Raya Padang tersebut hingga perayaan HUT RI.

Selain di kawasan Imam Bonjol dan Taranda, pantauan Padangkita.com, para penjual bendera juga ada di kawasan Sawahan, Khatib Sulaiman, Air Tawar hingga Lubuk Buaya, dan sejumlah kawasan lainnya.

Baca juga: Pedoman Peringatan HUT ke-76 RI yang Wajib Diketahui Untuk Pusat hingga Daerah

Sementara itu, Wali Kota Padang sendiri telah mengeluarkan surat edaran yang mengimbau semua masyarakat untuk mengibarkan bendera selama bulan Agustus. Masyarakat juga diminta menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan RI dengan memasang umbul-umbul dan lainnya. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist